Meisarwati, Erna (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN 5S (SENYUM, SAPA, SALAM, SOPAN, SANTUN) DI SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (611kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (630kB) |
|
Text (Skripsi)
ERNA MEISARWATI_2011240058.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) di SD Negeri 76 Kota Bengkulu, serta faktor penghambat implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) di SD Negeri 76 kota bengkulu. metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. subjek dan informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru wali kelas 1, 3, dan 5 yang berjumlah 10 orang dan perwakilan siswa kelas 1, 3 dan 5 berjumpah 9 orang . teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) di SD Negeri 76 Kota Bengkulu telah melaksanakan pendidikan karakter melalui kegiatan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun). Penerapanya dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dimana perencanaan dilakukan melalui program pengembangan diri, sedangkan pelaksanaanya dilakukan melalui kegiatan spontan, kegiatan rutin, keteladanan dan pengkondisian dan evaluai dengan cara mengamati sifat atau tingkah laku peserta didik. Faktor penghampat dalam implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) di SDN 76 Kota Bengkulu yaitu faktor internal dan eksternal meliputi: : Lingkungan luar sekolah, media sosial, latar belakang keluarga, serta kepribadian siswa itu sendiri, Siswa belum terbiasa dengan adanya kegiatan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun), Karakter siswa yang berbeda-beda, Ketertiban siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) di SD N 76 Kota Bengkulu 95% sudah berjalan cukup baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan karakter, 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2024 03:20 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2024 03:20 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3840 |
Actions (login required)
View Item |