Futri, Indah Cahyani (2024) KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI MATERI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS III SDN 52 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
COVER.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (105kB) |
|
Text (skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (167kB) |
|
Text (Skripsi)
INDAH CAHYANI FUTRI_2011240094.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan akademik yang muncul ada dua yaitu: Bagaimana kemampuan membaca dan kemampuan memahami siswa Kelas III SDN 52 Kota Bengkulu mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam menggunakan model CIRC dan Apa saja faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca dan kemampuan memahami siswa Kelas III SDN 52 Kota Bengkulu mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam menggunakan model CIRC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait kemampuan membaca dan kemampuan memahami siswa Kelas III SDN 52 Kota Bengkulu mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam menggunakan model CIRC dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca dan kemampuan memahami siswa Kelas III SDN 52 Kota Bengkulu mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam menggunakan model CIRC. Model penelitian ini adalah model kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dkokumentasi. Hasil Penelitian sebagai berikut: Dengan penerapan model CIRC ini kegiatan belajar mengajar khususnya dalam kerja kelompok siswa menjadi aktif, tanggung jawab, teliti, cermat dan percaya diri sehingga siswa yang kurang pintar terbantu belajarnya oleh siswa yang pintar dalam kelompoknya. Dengan demikian model CIRC ini dapat diterima dan menarik bagi mereka sesuai dengan kebutuhan siswa. Dengan demikian maka diharapkan kepada guru kelas di SD/MI agar lebih meningkatkan efektifitas mengajar dan lebih memperhatikan cara belajar siswa serta membimbing siswa dalam proses belajar mengajar. Faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca dan kemampuan memahami yaitu tingkat inteligensi, kemampuan berbahasa; sikap, minat, emosi; keadaan membaca; kebiasaan membaca; pengetahuan tentang cara membaca, Latar belakang sosial ekonomi dan budaya Pengetahuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Membaca, Memahami, Bahasa Indonesia, Model CIRC | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2024 03:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2024 03:36 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3843 |
Actions (login required)
View Item |