KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI MATERI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS III SDN 52 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Futri, Indah Cahyani (2024) KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI MATERI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS III SDN 52 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (105kB)
[img] Text (skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (167kB)
[img] Text (Skripsi)
INDAH CAHYANI FUTRI_2011240094.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan akademik yang muncul ada dua yaitu: Bagaimana kemampuan membaca dan kemampuan memahami siswa Kelas III SDN 52 Kota Bengkulu mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam menggunakan model CIRC dan Apa saja faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca dan kemampuan memahami siswa Kelas III SDN 52 Kota Bengkulu mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam menggunakan model CIRC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait kemampuan membaca dan kemampuan memahami siswa Kelas III SDN 52 Kota Bengkulu mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam menggunakan model CIRC dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca dan kemampuan memahami siswa Kelas III SDN 52 Kota Bengkulu mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam menggunakan model CIRC. Model penelitian ini adalah model kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dkokumentasi. Hasil Penelitian sebagai berikut: Dengan penerapan model CIRC ini kegiatan belajar mengajar khususnya dalam kerja kelompok siswa menjadi aktif, tanggung jawab, teliti, cermat dan percaya diri sehingga siswa yang kurang pintar terbantu belajarnya oleh siswa yang pintar dalam kelompoknya. Dengan demikian model CIRC ini dapat diterima dan menarik bagi mereka sesuai dengan kebutuhan siswa. Dengan demikian maka diharapkan kepada guru kelas di SD/MI agar lebih meningkatkan efektifitas mengajar dan lebih memperhatikan cara belajar siswa serta membimbing siswa dalam proses belajar mengajar. Faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca dan kemampuan memahami yaitu tingkat inteligensi, kemampuan berbahasa; sikap, minat, emosi; keadaan membaca; kebiasaan membaca; pengetahuan tentang cara membaca, Latar belakang sosial ekonomi dan budaya Pengetahuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNurlaili, Nurlaili197507022000032002UNSPECIFIED
Thesis advisorNasution, Adam198208102023211016UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Membaca, Memahami, Bahasa Indonesia, Model CIRC
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 13 Nov 2024 03:36
Last Modified: 13 Nov 2024 03:36
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3843

Actions (login required)

View Item View Item