PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DI SDN 05 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Amelia, Mariska (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DI SDN 05 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (304kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (298kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI MARISKA AMELIA_2011240027_.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh penggunaan media tiga dimensi terhadap hasil belajar IPAS di SDN 05 Kota Bengkulu karena pada proses pembelajaran guru kurang mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar. Sala satu cara yang digunakaan untuk memotivasi dan mengaktifkan belajar siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan as\dalah dengan menerapkan Media Tiga Dimensi untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tiga dimensi terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) tentang sistem pernapasan pada manusia di kelas V SDN 05 Kota Bengkulu. Metode kuantitatif yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group. Penelitian ini melibatkan kelas V , di mana sebagai kelompok kontrol tidak menggunakan media tiga dimensi dalam pembelajaran, menggunakan media tiga dimensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah menggunakan media tiga dimensi. Rata-rata nilai pretest siswa kelas kontrol adalah 47, sedangkan nilai posttest adalah 80. Analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan media tiga dimensi meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan nilai thitung sebesar 50,38, sedangkan nilai ttabel dengan df 31 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,039. Karena thitung > ttabel, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan media tiga dimensi terhadap hasil belajar IPAS. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media tiga dimensi efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 05 Kota Bengkulu. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media tiga dimensi sebagai alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAsiyah, Asiyah196510272003122001UNSPECIFIED
Thesis advisorBasinun, Basinun197710052007102005UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Tiga Demensi, Hasil Belajar, IPAS Kelas V
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 13 Nov 2024 04:18
Last Modified: 13 Nov 2024 04:18
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3849

Actions (login required)

View Item View Item