Arifin, Latif Yusuf (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KUALITAS SPIRITUAL DAN INTELEKTUAL SISWA MTs MUHAMMADIYAH NGESTIBOGA II KECAMATAN JAYALOKA KABUPATEN MUSI RAWAS SUMATERA SELATAN. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Tesis)
ISNA REFRIANA_2111540020.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text (Tesis)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
|
Text (Tesis)
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (582kB) |
|
Text (Tesis)
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (618kB) |
Abstract
Peneltian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kuaitas Spiritual dan Intelektual Siswa di MTs Muhmmadiyah Ngestiboga II. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kualitas spiritual dan intelektual Siswa di MTs Muhammadiyah Ngestiboga? Kedua Apa saja yang menjadi faktor pendukung pada penerapan strategi pembelajaran pandidikan agama islam dalam membentuk kualitas spiritual dan intelektual siswa di MTs Muhammadiyah Ngestiboga II? Ketiga Bagaimanakah cara mengatasi hambatan yang dihadapi pada penerapan strategi pembelajaran pandidikan agama islam dalam membentuk kualitas spiritual dan intelektual siswa di MTs Muhammadiyah Ngestiboga II? Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kualitas spiritual dan intelektual siswa MTs Muhammadiyah Ngestiboga II yaitu Agenda Sholat Dhuha dan Dzuhur secara berjamaah, Penanaman Keteladanan, Penanaman Disiplin Murojaah Bacaan Al-Quran Sebelum Menulai Pelajaran, dan Kontrol guru dan wali kelas melalui buku agenda harian. Faktor pendukung dari Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kualitas Spiritual Dan Intelektual Siswa MTs Muhammadiyah Desa Ngestiboga II, dan cara mengatasi hambatan yang dihadapi dalam menerapkan strategi pembelajaran pendidikan agama islan dalam membentuk kualitas spiritual dan intelektual siswa di sekolah MTs Muhammadiyah Ngestiboga II yaitu kurangnya tenaga pendidik yang dapat menghambat proses berjalannya strategi pembelajaran siswa di sekolah Mts Muhammadiyah Ngestiboga II ini. Sebagai langkah untuk mengatasi hambatan tersebut adalah telah dirumuskan bersama oleh pihak sekolah. Hasil akhir dari kegiatan ini perlu ditingkatkan dan dikaji kembali sampai sejauh mana tingkat keberhasilan itu membawa dampak bagi siswa terutama dalam segi spiritual dan intelektual siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Intelektual, Pembelajaran,Spiritual, Strategi. | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | M.Pd Sinta Agusmiati | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2024 08:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2024 08:11 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3852 |
Actions (login required)
View Item |