PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI DONGENG KELAS IV SD NEGERI 60 SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

Aprilia, Melci (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI DONGENG KELAS IV SD NEGERI 60 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
1. DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (222kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (272kB)
[img] Text (Skripsi)
MELCI APRILIA NIM 2011240109.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh penggunaan media pop up book terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi dongeng siswa kelas IV di SDN 60 Seluma, yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif Eksperimen yaitu hanya menggunakan satu kelas. Desain eksperimen yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest. Desain ini dilakukan dengan membandingkan hasil pretest dan posttest pada kelompok yang diuji cobakan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 60 Seluma berjumlah 30 orang. Dan peneliti mengambil seluruh siswa kelas IV untuk dijadikan sampel yang berjumlah 30 orang. Variabel penelitian ini berupa variabel bebas yaitu pengaruh media Pop Up Book. sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji paired sample t-test, dari pengujian hipotesis penelitian diperoleh nilai sig (2-tailed) bernilai 0,000. Dari hasil tersebut diketahui nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0.05 sehingga diterima dan ditolak. Serta dengan menunjukkan bahwa lebih besar dari yaitu (29,294) > . (2,045) artinya ditolak dan diterima yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum perlakuan (pretest) dengan rata-rata nilai setelah perlakuan (post-test).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAsiyah, Asiyah196510272003122001UNSPECIFIED
Thesis advisorBasinun, Basinun2005107703UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pop Up Book, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 13 Nov 2024 07:43
Last Modified: 13 Nov 2024 07:43
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3855

Actions (login required)

View Item View Item