Prabowo, Migo (2024) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PROJECT BASEDLEARNING DALAM MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 38 BENGKULU SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (443kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (406kB) |
|
Text (Skripsi)
MIGO PRABOWO_2011240126.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penerapan modul ajar sebagai implementasi strategi pembelajaran project based learning bukanlah hal yang mudah dilaksanakan oleh guru. Terlebih strategi pembelajaran project based learning merupakan proses pembelajaran yang menggunakan proyek dan melibatkan siswa secara aktif. Guru diharapkan dapat menerapkan strategi pembelajaran project based learning termasuk menerapkan pembelajaran modul ajar. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana strategi guru dalam pembelajaran project based learning dalam mata pelajaran IPAS dan apa keunggulan dan kekurangan strategi project based learning dalam mata pelajaran IPAS di SDN 38 Bengkulu Selatan. Sumber data pada penelitian ini yaitu Guru (Wali Kelas IV A, B, dan C), siswa (kelas IV A 2 orang, kelas IV B 2 orang, dan kelas IV C 2 orang). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data dianalisis dengan menggunakan tahap penelitian reduksi data, data display dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Implementasi strategi pembelajaran project based learning dalam mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 38 Bengkulu Selatan, yaitu: Kurangnya kesiapan guru dan guru tidak memanfaatkan teknologi yang ada. Implementasi strategi pembelajaran project based learning dalam mata pelajaran IPAS di SDN 38 Bengkulu Selatan. Setiap sekolah dalam pengimplementasian strategi pembelajaran project based learning ini tentunya berharap dapat berhasil diimplementasikan dengan baik oleh guru- guru yang mengajar di kelas. Namun disisi lain dalam pengimplementasian strategi pembelajaran project based learning khususnya dalam mata pelajaran IPAS pastinya ada beberapa permasalahan yakni: Perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, Project Based Learning, Pembelajaran IPAS | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2024 07:48 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2024 07:48 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3857 |
Actions (login required)
View Item |