Hassanah, Nur Qur’ani Uswatun (2024) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 77 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
COVER.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (247kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (303kB) |
|
Text (Skripsi)
Nur Qur’ani Uswatun Hassanah_2011240164.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan program yang dirancang oleh pemerintah sebagai bagian dari kurikulum merdek. Projek penguatan profil pelajar Pancasila berbeda dengan pembelajaran intra pada umumnya, dimana tujuan dan fokus utama dari projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah mencapai dimensi profil pelajar Pancasila yang telah ditetapkan oleh pemerintah. SD Negeri 77 Kota Bengkulu merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka dan melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan serta kendala dan solusi dalam menerapkan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan tringulasi data dan metode. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, 1) perencanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila di SD Negeri 77 Kota Bengkulu dimulai dari beberapa tahap yaitu membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan Pendidikan, merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu projek , menyusun modul projek. 2) pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila di SD Negeri 77 Kota Bengkulu menggunakan sintaks yaitu mempersiapkan sumber belajar, membentuk kelompok, mengerjakan projek yang meliputi pengenalan,bayangkan, aksi atau pengerjaan projek dan refleksi. 3) Kendala dan solusi, kendala yang dirasakan guru dalam melaksanakan projek penguatan profil xi pelajar Pancasila yakni, sulitnya menetukan tema yang mudah dan relevan, sulitnya mengkondisikan anak, kurangnya kerja sama yang baik antar guru dan orang tua. Solusi yang ditemukan mencari berbagai referensi mengenai tema yang akan diambil, melakukan pembelajaran yang menyenangkan, melakukan kerjasama yang baik bagi orang tua dan guru, memberikan nasihat dan arahan kepada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2024 08:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2024 08:25 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3864 |
Actions (login required)
View Item |