PENGARUH METODE PERMAINAN BISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK KALIMAT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 23 KAUR

Downloads

Downloads per month over past year

Fadilah, Nurul (2024) PENGARUH METODE PERMAINAN BISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK KALIMAT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 23 KAUR. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (401kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (360kB)
[img] Text (Skripsi)
NURUL FADILAH_2011240137.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan metode permainan bisik berantai terhadap keterampilan menyimak Kalimat Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 23 Kaur. Tujuan Penelitian Bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Penggunaan metode permainan bisik berantai terhadap keterampilan menyimak Kalimat Pada Pembelajaran bahasa Indonesia terhadap siswa kelas IV SD Negeri 23 Kaur.Jenis penelitian yang saya gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen (Quasi Ekprimental Design). Penelitian eksperimental merupakan metode yang paling banyak dipilih dan paling produktif dalam penelitian. Bila dilakukan dengan baik, studi eksperimental menghasilkan bukti yang paling benar terkait dengan hubungan sebab akibat. Setelah proses pembelajaran dilaksanakan, siswa diberikan tes untuk mengukur keterampilan dalam menyimak kalimat. Rata-rata posttest pada kelas IVB (Eskprimen) nilai minimumnya 40 sedangkan nilai maksimumnya 90, dengan rata�rata (mean) sebesar 70,5000 sedangkan rata-rata posttest pada kelas IVA (Kontrol) adalah dengan nilai minimumnya 30 sedangkan nilai maksimumnya 90. nya 90, rata-rata (mean) sebesar 57,0000,. Data tersebut dapat dilihat pada halaman. Terdapat pengaruh metode permainan bisik berantai siswa kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan metode permainan bahasa bisik berantai terhadap keterampilan menyimak kalimat lebih efektif daripada pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah dalam menyimak kalimat di SD Negeri 23 Kaur. Dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil tes kelas IVB (Eksprimen) lebih tinggi dibandingkan kelas IVA (Kontol).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSurahman, Buyung196110151984031002UNSPECIFIED
Thesis advisorNasution, Adam198208102023211016UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Permainan Bisik Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak kalimat pada pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 14 Nov 2024 01:20
Last Modified: 14 Nov 2024 01:20
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3868

Actions (login required)

View Item View Item