PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH PENGGERAK SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Soniska, Pita (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH PENGGERAK SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
COVER_compressed (2).pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (728kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (647kB)
[img] Text (Skripsi)
PITA SONISKA_2011240119.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan dapat di lihat dari meningkatnya mutu peserta didik pada sekolah penggerak. sehingga dalam meningkatkan mutu peserta didik perlu adanya seorang pemimpin yang tidak lepas dari fungsinya yang memiliki peran dan tanggung jawab dalam proses pendidikan. sehingga dengan berbagai cara dan adanya ciri khas sekolah. Fokus penelitian yaitu 1) peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu peserta didik? 2) apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan mutu peserta didik? Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah, faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan mutu peserta didik SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data. Kondensasi data, penarikan data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu diantaranya: 1) peran kepala sekolah sebagai manajer, dimana kepala sekolah dapat mengelolah, membuat rencana, mengarahkan dan membimbing pendidik dan tenaga kependidikan serta pengawasan dalam meningkatkan mutu peserta didik. 2) dalam meningkatkan mutu peserta didik, terdapat faktor penghambat yaitu kurangnya kedisiplinan siswa, partisipasi masyarakat kurang mendukung, dan faktor pendukung yaitu guru yang professional, sarana dan prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRamadlon, Ramadlon19642271991031003UNSPECIFIED
Thesis advisorGilang, M. Ilham199004122020121003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: peran kepala sekolah, meningkatkan mutu peserta didik. SD/MI
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 14 Nov 2024 01:33
Last Modified: 14 Nov 2024 01:33
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3870

Actions (login required)

View Item View Item