PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

pahriati, Rana (2024) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (289kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (434kB)
[img] Text (Skripsi)
RANA PAHRIATI_2011240029.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan pada pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika Kelas II SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Jenis Penelitian adalah penelitian Quasi Eksperimental Design dengan Pretest Posttest. Populasi yaitu keseluruhan siswa kelas II. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II yang secara keseluruhan berjumlah 60 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes . Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas dan uji t-tes parametris varians. Berdasarkan dari hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji independent sample T-Test, dengan menggunakan SPSS versi 25 diperoleh nilai nilai thitung > ttabel yaitu 3,272 > 1,672 dan dikarenakan data homogen, maka dilihat dari Equal variances assumed nilai Sig (2-tailed) adalah 0,002 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Yang berarti terdapat pengaruh Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika Kelas II SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Dari Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Perbedaan keaktifan belajar siswa adalah pembelajaran menggunakan pendekatan RME dengan menggunakan metode konvensional di kelas eksperimen lebih mendorong siswa untuk aktif belajar Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas II SD Negeri 32 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAsiyah, Asiyah196510272003122001UNSPECIFIED
Thesis advisorKurniawati, Esti Wahyu2009048302UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), hasil belajar, pelajaran matematika
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 14 Nov 2024 01:43
Last Modified: 14 Nov 2024 01:43
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3873

Actions (login required)

View Item View Item