KETERAMPILAN GURU DALAM PENGGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SD NEGERI 87 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Rini, : Rapika Mustika (2024) KETERAMPILAN GURU DALAM PENGGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SD NEGERI 87 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (733kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (823kB)
[img] Text (Skripsi)
RAPIKA MUSTIKA RINI_2011240103-dikompresi.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan pengelolaan kelas merupakan keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai oleh guru ketika melakukan proses pembelajaran di kelas terutama pada pembelajaran tematik yang mengabungkan beberapa mata pelajaran dalam satu tema.Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui bagaimana keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri 87 Kota Bengkulu (2). Mengetahui bagaimana implementasi keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri 87 Kota Bengkulu (3). Mengetahui kendala guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik Kelas III Di SD Negeri 87 Kota Bengkulu. Adapun metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif, serta dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis deskritif kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas III, siswa kelas III dan kepala sekolah. Hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri 87 Kota Bengkulu menunjukkan bahwa penggelolaan kelas dilakukan guru berdasarkan keterampilan dasar mengajar mulai dari keterampilan membuka pembelajaran hingga keterampilan menutup pelajaran. Implementasi keterampilan guru dalam penggelolaan dilakukan berdasarkan tahapan pembelajaran tematik yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Kendala dalam menggelola kelas yang dihadapi guru terdapat dua faktor kendala yaitu faktor dari peserta didik dan faktor fasilitas sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Aziza197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, Betti Dian2003018101UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Penggelolaan Kelas, Pembelajaran Tematik
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 14 Nov 2024 01:54
Last Modified: 14 Nov 2024 01:54
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3875

Actions (login required)

View Item View Item