Marsella, Siska (2024) PENGEMBANGAN MEDIA COLOUR STICK HOUSING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KOGNITIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II DI SD NEGERI 47 BENGKULU TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (541kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (553kB) |
|
Text (Skripsi)
SISKA MARSELLA_2011240135.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penulis menemukan kompetensi pengetahuan siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), yaitu 75, saat pembelajaran siswa cenderung pasif, pada saat guru memberikan pertanyaan hanya beberapa siswa yang berusaha menjawab, siswa kurang memiliki rasa percaya diri, media pembelajaran atau alat peraga juga belum dimanfaatkan, cara mengajar guru yang tidak menggunakan media pembelajaran, yang hanya menerangkan tanpa memberi kesempatan siswa untuk bertanya, mengakibatkan minat dan pemahaman yang kurang dari siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui desain media colour stick housing, untuk mengetahui hasil uji kelayakan dan untuk mengetahui hasil uji kepraktisan media colour stick housing untuk meningkatkan kompetensi kognitif di SD Negeri 47 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (research and development) yang dikembangkan oleh Sugiyono dengan tujuh langkah, yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba pemakaian, dan produk masal, dengan pengumpulan data berupa soal evaluasi (pre-test dan post-test), lembar validasi ahli media, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, yaitu: desain akhir dari media colour stick housing dalam proses uji kelayakan oleh validator ahli media memberikan nilai berjumlah 27 atau 96,4% (sangat layak). Hasil uji kepraktisan media colour stick housing dalam meningkatkan kompetensi kognitif siswa dilakukan dengan mengamati siswa saat treatment, dengan hasil: pada saat pre�treatment jumlah nilai 1700 dengan nilai rata-rata 60,72 meningkat menjadi 2220 dengan nilai rata-rata 79,28 saat post�treatment, nilai uji t dibandingkan dengan dk = 54, dan bila taraf viii kesalahan 5%, maka ttabel = 2,004. Dengan demikian, thitung > ttabel (39,097 > 2,004) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu media colour stick housing dapat meningkatkan kompetensi kognitif siswa di kelas II SD Negeri 47 Bengkulu Tengah, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Colour Stick Housing, Kompetensi Kognitif | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2024 02:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Nov 2024 02:56 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3889 |
Actions (login required)
View Item |