PENGEMBANGAN PERMAINAN NUMBER DICE UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II SD NEGERI 22 BENGKULU TENGAH

Downloads

Downloads per month over past year

Dianka, Viona Lisma (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN NUMBER DICE UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II SD NEGERI 22 BENGKULU TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (454kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (530kB)
[img] Text (Skripsi)
VIONA LISMA DIANKA_2011240072.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas II SD Negeri 22 Bengkulu Tengah, pada pembelajaran tematik, siswa cenderung dan kurang memiliki motivasi jika ditanya oleh guru tentang berhitung, hal ini juga karena guru masih menggunakan metode konvensional dan hanya menggunakan media papan tulis dan buku cetak. Jenis penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (research and development) model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dengan langkah-langkah penelitian empat tahap, yaitu tahap pendifinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (dissemirate) dengan pengumpulan data observasi, lembar validasi ahli media, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, yaitu: desain akhir dari media permainan number dice dalam proses uji kevalidan oleh validator ahli media memberikan nilai berjumlah 27 atau 96,4% (sangat layak). Hasil uji kepraktisan dari angket respon guru yaitu 23, persentase 82,14%, dan kategori skor Sangat Baik. Hasil uji keefektifan media permainan number dice dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika siswa dilakukan dengan mengamati siswa saat treatment, dengan hasil: jumlah skor siswa pada saat pre�treatment 256 meningkat menjadi 340 saat post-treatment, dengan kategori saat pre-treatment 4 siswa dengan kategori sangat baik (19,05%), 10 siswa dengan kategori baik (47,62%), dan 7 siswa dengan kategori tidak baik (33,33%), sedangkan saat post-treatment 11 siswa dengan kategori sangat baik (52,38%), dan 10 siswa dengan kategori baik (47,62%). Maka dapat penulis simpulkan bahwa kecerdasan logika matematika meningkat saat pembelajaran menggunakan media permainan number dice.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorFebrini, Deni197502042000032001UNSPECIFIED
Thesis advisorUtami, Intan199010082019032009UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Permainan Number Dice, Kecerdasan Logika Matematika.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 14 Nov 2024 03:06
Last Modified: 14 Nov 2024 03:06
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3892

Actions (login required)

View Item View Item