PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV DI MIN 1 KAUR

Downloads

Downloads per month over past year

Astika, Widia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV DI MIN 1 KAUR. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN,,.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (471kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (364kB)
[img] Text (Skripsi)
WIDIA ASTIKA_2011240012,,_.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih, kurangnya inovatif model pembelajaran yang ditetapkan pendidik. Maka dari itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat merubah hasil belajar peserta didik dari sebelumnya menuju hasil yang lebih baik serta menjadikan peserta didik tidak bosan pada proses pembelajaran di dalam kelas. Salah satunya yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design yang menggunakan desain penelitian one Group test design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 1 Kaur yang terdiri dari kelas 4A 20 siswa dan kelas 4B 20 siswa. Pengambilan data dilakukan peneliti melalui observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji valid, reabilitas, normalitas data, homogenitas dan hipotesis. Hasil nilai rata�rata (Mean) dan nilai Standar Deviasi (Std. Deviation) untuk Hasil Belajar Siswa Kelas Eksperimen dan Hasil Belajar Siswa Kelas Kontrol. Dari tabel tersebut diketahui bahwa nilai rata�rata (Mean) sebesar 70,00 dan nilai Standar Deviasi (Std. Deviation) sebesar 8,429 untuk Hasil Belajar Siswa Kelas Eksperimen, sedangkan nilai rata-rata (Mean) sebesar 58,00 dan nilai Standar Deviasi (Std. Deviation) sebesar 11,169 untuk Hasil Belajar Siswa Kelas Kontrol. Dengan demikian x rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing 70,00 >dibandingkan dengan tidak menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing sebesar 58,00 untuk menjawab apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV di MIN 1 Kaur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKasmantoni, Kasmantoni197510022003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorKhosi'in, Khosi'in198807102019031004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, Snowball Throwing, Hasil Belajar Fiqih
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 14 Nov 2024 03:16
Last Modified: 14 Nov 2024 03:16
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3894

Actions (login required)

View Item View Item