PENGEMBANGAN BUKU CERITA PROFIL PELAJAR PANCASILA SERI KEMANDIRIAN UNTUK ANAK USIA 5 - 6 TAHUN

Downloads

Downloads per month over past year

Sintya, Dora Ayu (2024) PENGEMBANGAN BUKU CERITA PROFIL PELAJAR PANCASILA SERI KEMANDIRIAN UNTUK ANAK USIA 5 - 6 TAHUN. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Tesis)
DORA AYU SINTYA_2223750013.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Tesis)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (775kB)
[img] Text (Tesis)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (332kB)
[img] Text (Tesis)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (404kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui cara mengembangkan buku cerita profil pelajar pancasila seri kemandirian yang valid pada anak usia 5-6 tahun; (2) untuk mengetahui praktikalitas pengembangan buku cerita profil pelajar pancasila seri kemandirian pada anak usia 5-6 tahun; (3) untuk mengetahui efektivitas pengembangan buku cerita profil pelajar pancasila seri kemandirian pada anak usia 5-6 tahun? Jenis penelitian adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi anak, lembar validasi ahli, angket respon guru, dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil dari produk buku cerita profil pelajar Pancasila seri kemandirian yang telah dilakukan validasi dengan bentuk terbuat dari kertas A4 berukuran 29,7 x 21 cm dengan ketebalan 51 halaman, hasil uji kepraktisan dilakukan oleh guru kelas dengan mengisi angket respon guru dan melihat produk buku cerita profil pelajar Pancasila seri kemandirian, maka didapatkan hasil total skor angket yaitu 40, dengan persentase 100%, dan kategori skor Sangat Layak. Hasil uji keefektivitasan produk buku cerita profil pelajar Pancasila seri kemandirian, terbukti dari meningkatnya penilaian lembar observasi anak sebelum dan setelah pembelajaran menggunaka produk. Adapun hasilnya yaitu umlah skor penilaian pada pre-treatment anak berjumlah 106 dengan nilai rata-rata 11,77, meningkat pada post-treatment menjadi 181 dengan nilai rata-rata 20,11, kategori penilaian anak, dimana pada saat pre-treatment, anak yang mendapatkan kategori BB (belum berkembang) sebanyak 2 anak (22,22%), kategori MB (masih berkembang) sebanyak 5 anak (55,56%), dan kategori BSH (berkembang sesuai harapan) sebanyak 2 anak (22,22%), meningkat menjadi pada saat post-treatment, anak yang mendapatkan kategori MB (masih berkembang) sebanyak 1 anak (11,11%), kategori BSH (berkembang sesuai harapan) sebanyak 5 anak (55,56%), dan kategori BSB (berkembang sangat baik) sebanyak 3 anak (33,33%). Hal ini membuktikan bahwa produk pengembangan buku cerita profil pelajar Pancasila seri kemandirian efektif digunakan sebagai media pembelajaran anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMarhayati, Nelly197803082003122003UNSPECIFIED
Thesis advisorAlimni, Alimni197504102007102005UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Buku Cerita Seri Kemandirian, Profil Pelajar Pancasila untuk Anak Usia 5-6 tahun.
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: M.Pd Sinta Agusmiati
Date Deposited: 26 Nov 2024 04:09
Last Modified: 26 Nov 2024 04:09
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3931

Actions (login required)

View Item View Item