PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME TEKA TEKI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA ANAK USIA DINI

Downloads

Downloads per month over past year

Zulkarnain, Nur Fitriya (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME TEKA TEKI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Tesis)
NUR FITRIAYA ZULKARNAIN__2223750003.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Tesis)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Tesis)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (258kB)
[img] Text (Tesis)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (413kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis game teka teki digital untuk meningkatan kecerdasan linguistik anak usia dini di PAUD Al Padilah Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian researchand development atau yang sering dikenal dengan sebutan R&D. Pada penelitian ini, peneliti akan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yang meliputi analisis (analysis), desain (design),pengembangan (development) implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Metode ini merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Subjek pada penelitian ini yaitu 15 orang anak, 2 dosen, 1 guru, dan peneliti sendiri, sedangkan objek penelitian yaitu media pembelajaran game teka teki digital. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi ahli (ahli materi dan ahli media), angket respon guru, pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis game teka teki digital yang dikembangkan dinyatakan valid dengan tim ahli dengan presentase 100% dari ahli materi, dan 97,92% dari ahli media. Pada kepraktisan respon guru terhadap media pembelajaran yang dikembangkan memiliki skor 92,59% dengan kategori sangat praktis. Pada hasil keefektifan diperoleh skor 4,2 dengan kriteria baik. Hal ini memnjukkan bahwa media pembelajaran berb

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNirwana, Evi Selva197702182007012008UNSPECIFIED
Thesis advisorBahri, Husnul196209051990021001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Game Digital, Kecerdasan Linguistik
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: M.Pd Sinta Agusmiati
Date Deposited: 26 Nov 2024 04:09
Last Modified: 26 Nov 2024 04:09
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3935

Actions (login required)

View Item View Item