PENGARUHMOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Saputra, Adi Jhon (2023) PENGARUHMOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (251kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (715kB)
[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi)
ADI JHON SPUTRA - 1611220003.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Siswa yang memiliki motivasi belajar mencurahkan segala kemampuannya untuk memperoleh hasil belajar yang terbaik. Semakin banyak motivasi belajar yang dimiliki, maka akan semakin mendorong siswa untuk belajar secara aktif sehingga meningkatkan hasil belajarnya. Namun, faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa-siswi sebagai berikut: harapan, kemampuan siswa, kondisi jasmani dan rohani siswa, kondisi lingkungan, unsur dinamis pembelajaran, dan upaya guru dalam mendidik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Arab pada siswa-siswi di MAN II Bengkulu. Penelitian ini menggunakan penelitian Ex Post Facto dengan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui apakah variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat pada populasi 138 siswa kelas XI Jurusan Ilmu Pendidikan Sosial 1-4 MAN 2 Bengkulu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Dari hasil analisis data dengan sampel 28 siswa diketahui bahwa 21 siswa 75% memiliki motivasi belajar dalam kategori sedang dan 18 siswa 64,2% memiliki prestasi belajar dalam kategori sedang dan 5 siswa 17,9% memiliki prestasi belajar dalam kategori sedang. kategori tinggi. Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Arab dengan dibuktikan bahwa nilai signifikansi uji regresi linier sederhana 0,00 lebih kecil dari 0,05 dan t hitung (6,269) lebih besar dari t tabel (2,055).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKasmantoni, Kasmantoni197510022003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorArnawati, Arnawati197909222007102002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Bahasa Arab
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:53
Last Modified: 18 Nov 2024 02:53
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3951

Actions (login required)

View Item View Item