MANAJEMEN PENGELOLAAN PROGRAM BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MAHARAH KALAM PADA SANTRIWATI ‘ALIYAH PONDOK PESANTREN ABDURRAHMAN AL-FATIH DI KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Sopiana, Vina (2024) MANAJEMEN PENGELOLAAN PROGRAM BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MAHARAH KALAM PADA SANTRIWATI ‘ALIYAH PONDOK PESANTREN ABDURRAHMAN AL-FATIH DI KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (480kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (714kB)
[img] Text (Skripsi)
VINA SOPIANA_2011220040.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan manajeman program bahasa Arab santriwari di Pondok Pesantren Abdurrahman Al Fatih serta mengenai faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan menajemen program bahasa Arab santri. Metode pengumpulan data data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pengelolaan manajemen program bahasa Arab santriwati pesantren Al fatih berupa a) Perencanaan program bahasa Arab meliputi Perumusan tujuan dan sasaran, Penentuan program dan waktu, penyusunan materi, dan menentukan strategi dan kebijakan. b) Pengorganisasian program bahasa Arab santri meliputi susunan kepengurusan bahasa yang dibentuk secara musyawarah Sedangkan pergantian kepengurusan dilakukan setiap setahun sekali diawal semester, dan pembagian tugas kelas. c) Pelaksanaan program bahasa Arab santri melalui penerapan kegiata-kegitan yang telah ditentukan, seperti; Pemberian Mufrodat Bahasa Arab, Kegiatan Muhadatsah, dan Kegiatan Muhadhoroh Sughra / Kubro. d) Evaluasi program bahasa Arab santri dengan mahkamah lughah dan rapat setiap bulan dan diawal semester. 2) faktor pendukung dan penghambat dalam program bahasa Arab santri ialah a) faktor mendukung meliputi dukungan dari mudir pondok untuk membentuk lingkungan berbahasa Arab dan adanya kepengurusan bahasa sehingga dapat menjadi fungsi kontrol dalam setiap kegiatan dan dibentuknya mahkmah lughah yang dapat berfungsi sebagai penegak disiplin. Serta adanya kegiatan bahasa yang membantu untuk meningkatkan bahasa santriwati. b) faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran dan motivasi sehingga banyak santri yang kurang disiplin dalam menerapkan bahasa, serta kurangnya sarana seperti lab bahasa untuk mendukung santri dalam belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKasmantoni, Kasmantoni197510022003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorSuskha, Fadilah199004242020122200UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengelolaan, Maharah Kalam, Bahasa Arab
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:25
Last Modified: 18 Nov 2024 04:25
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3966

Actions (login required)

View Item View Item