Hidayat, Muhammad Taufik (2024) PEMBELAJARAN SENI BACA AL-QUR’AN DI MA’HAD AL-JAMI’AH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (354kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (961kB) |
|
Text (Skripsi)
Muhammad taufik hidayat__2223540001_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1. Bagaimana sistem pembelajaran seni baca Al-Qur‘an di Ma‘had Al-Jamiah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. 2. Bagaimana evaluasi pembelajaran seni baca qur‘an di Ma‘had Al-Jami‘ah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. 3. Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran seni baca qur‘an di Ma‘had Al-Jami‘ah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi : Ustad dan Mahasantri Ma‘had Al�Jami‘ah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Teknik analisa data menggunakan Teknik Analisis Naratif yang dilakukan dengan mengumpulkan data deskripsi peristiwa atau kejadian dan kemudian menyusunnnya menjadi cerita dengan menggunakan alur cerita. Hasil penelitian tesis ini adalah : 1. Mahasantri Ma‘had Al�Jami‘ah sebagian besar memilik keinginan sendiri untuk dapat masuk menjadi mahasantri di Ma‘had Al-Jami‘ah, serta sudah memiliki keahlian dibidang membaca Al-Qur‘an. Ada strategi yang pembelajarannya dari segi Al-Qur‘an diutamakan dengan murajaah atau diulang-ulang hapalannya dibandingkan dengan setoran tambahan, namun hal tersebut juga ada digunakan oleh pengajar lain di Ma‘had Al-Jami‘ah yang merasa sistem murajaah itu efektif hal itu kembali lagi pada materi pembelajaran yang diberikan. 2. Kemampuan yang dimiliki para mahasantri dibidang lain selain bidang seni baca Al�Qur‘an membawa mereka mampu untuk dapat mengikuti ajang perlombaan, tidak hanya itu ada yang telah mahir bermian olahraga dibidang pimpong, catur dan badminton. Hal tersebut didukung juga dengan strategi atau cara yang diberikan oleh para pengajar dalam pembelajaran Al-Qur‘an, seperti melatih vocal serta mengulang bacaan yang diberikan. Selanjutnya dilakukan cara seperti menirukan pengajar dan membuat lagu sendiri, tetapi tidak melarang mahasantri untuk berkreasi dalam melagukan bacaan Al-Qur‘an. 3. Dalam pembelajaran awal seni baca Al-Qur‘an masih terdapat beberapa mahasantri yang kesulitan mengimbangi pembelajarannya, hal tersebut menjadi salah satu faktor penghambat dalam proses pembelajarannya. Untuk faktor pendukung peneliti melihat bahwa para pengajar dengan pengalaman yang telah teruji mampu untuk memberikan pembelajaran dibidang seni baca Al-Qur‘an, yang menghantarkan mereka mencapai prestasi dibidang baca Al-Qur‘an.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Seni Baca Al-Qur‘an | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Nov 2024 02:31 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:31 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4018 |
Actions (login required)
View Item |