PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA DI MTs ROUDLOTUR ROSMANI KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Mandasari, Rulita Mandasari (2024) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA DI MTs ROUDLOTUR ROSMANI KOTA BENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (525kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (346kB)
[img] Text (Skripsi)
RULITA MANDASARI_2111540048.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk: 1) Mengetahui apakah terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa. 2) Mengetahui apakah terdapat pengaruh sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa. 3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh pengelolaan kelas dan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Roudlotur Rosmani Kota Bengkulu sebanyak 105 orang, kemudian pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin dengan teknik pengambillan sampel menggunakan sampling secara probabilitas, yaitu proportionate stratified random sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 78 orang. Dalam teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data hasil penelitian digunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara sumber belajar dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa sebesar 3,99 dengan F hitung sebesar 5,843 dan nilai F tabel untuk responden sebesar 78 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 3,99 maka dapat diketahui F hitung > F tabel atau 5,843 > 3,99 dan F sig < α atau 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan hasil tersebut menunjukkan ada pengaruh yang signifikansi antara sumber belajar dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa sebesar 15,2%. Hal ini semakin sering memanfaatkan sumber belajar dan pengelolaan kelas maka akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sumber belajar dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Roudlotur Rosmani Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNurlaili, Nurlaili197507022000032002UNSPECIFIED
Thesis advisorDewi, Desy Eka Citra197512102007102002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan kelas, sumber belajar, prestasi belajar
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 21 Nov 2024 02:36
Last Modified: 21 Nov 2024 02:36
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4020

Actions (login required)

View Item View Item