PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS 8 DI MTS NEGERI 1 LAHAT

Downloads

Downloads per month over past year

Putri, Azizah Zakiah (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS 8 DI MTS NEGERI 1 LAHAT. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (10MB)
[img] Text (skripsi)
AZIZAH ZAKIAH PUTRI_1811270006.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (24MB) | Request a copy
[img] Text (skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (246kB)
[img] Text (skripsi)
BAB II.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas 8 di MTS Negeri 1 Lahat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap kemampuan berrpikir kritis siswa pada materi Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian dan Materi Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau dan Perdagangan Internasional. Desain penelitian ini Nonequivalent Control Group Design dengan metode Eksperimen Semu (Quasy Eksperimental). Sampel penelitian ini berjumlah 59 siswa. Berdasarkan hasil kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dari pada pembelajaran konvensional (diskusi). Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji hipotesis atau uji-t menunjukkan Asymp Sig. (2- tailed) 0,031 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji-t juga menunjukkan perbandingan antara hasil akhir Posttes kelas Eksperimen lebih tinggi dengan rata-rata 78,97 dibandingkan hasil akhir Posttes kelas Kontrol 75, 87. Artinya kemampuan berpikir ktitis kelas Eksperimen lebih tinggi dibadingan kelas Kontrol. Maka ditarik kesimpulan bahwa terdapat perubahan siqnifikan dari Postes kelas Eksperimen dibandingkan Postes kelas Kontrol dan bahwa penerapan model peembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan berrpikir kritis siswa kelas 8 di MTS Negeri 1 Lahat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSukarno, Sukarno196102052000031002UNSPECIFIED
Thesis advisorGilang, M. Gilang1990041220201003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Berpikir Kritis
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 21 Nov 2024 03:17
Last Modified: 21 Nov 2024 03:17
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4023

Actions (login required)

View Item View Item