ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA PADA KURIKULUM MERDEKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 08 BENGKULU SELATAN

Downloads

Downloads per month over past year

Pradana, Diko Ariya (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA PADA KURIKULUM MERDEKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 08 BENGKULU SELATAN. Undergraduate(S1) thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (442kB)
[img] Text
Diko Ariya Pradana_1911290032.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis kemampuan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 08 Bengkulu Selatan dalam konteks kurikulum merdeka. Latar belakangnya adalah rendahnya kemampuan berbicara siswa, disebabkan oleh minat yang rendah, kurangnya latihan, metode pembelajaran konvensional, dan dominasi bahasa daerah di lingkungan sekolah. Kurikulum merdeka dipandang sebagai solusi potensial, memberikan kebebasan untuk inovasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mengetahui kemampuan berbicara siswa dan mengidentifikasi faktor pendorong serta penghambatnya. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini bertujuan memberikan wawasan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya keterampilan berbicara. Hasilnya diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik dan pemangku kebijakan dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif dan memaksimalkan potensi kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan peneliti sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Data diperoleh melalui observasi langsung dan wawancara di SMP Negeri 8 Bengkulu Selatan, fokus pada analisis kemampuan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas VII dalam setting alami. Hasil penelitian menunjukkan variasi kemampuan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 08 Bengkulu Selatan dalam implementasi Kurikulum Merdeka, terbagi menjadi kategori tinggi, sedang, dan rendah. Faktor yang mempengaruhi meliputi aspek fisik, media, dan psikologis, menekankan perlunya pendekatan pembelajaran yang xii mempertimbangkan keragaman kemampuan dan faktor-faktor tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate(S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZasrianita, Fera197902172009122003UNSPECIFIED
Thesis advisorAstuti, Dina Putri Juni19906022019032010UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbicara, Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka, Siswa SMP Bengkulu Selatan.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 24 Jan 2025 02:47
Last Modified: 24 Jan 2025 02:47
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4101

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year