PERAN GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA DI SMP NEGERI 25 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Yepreri, Yepreri (2024) PERAN GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA DI SMP NEGERI 25 KOTA BENGKULU. Undergraduate(S1) thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (287kB)
[img] Text (SKRIPSI)
YEPRERI_2011270054.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendeskripsikan peran guru mata pelajaran IPS dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab siswa di SMP 25 Kota Bengkulu dan 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami guru mata pelajaran IPS dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab siswa di SMP 25 Kota Bengkulu. Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data pada penelitian ini berupa reduksi, model data dan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Peran guru IPS sangat penting dalam membentuk karakter dan tanggung jawab siswa, khususnya melalui pelajaran IPS. Selain menyampaikan materi, guru juga membentuk akhlak siswa. Guru berperan sebagai motivator, pembimbing, inspirator, dan evaluator. Sebagai motivator, guru mendorong siswa giat belajar, sebagai pembimbing, guru membantu mengatasi masalah dan memberi teladan, sebagai inspirator, guru menumbuhkan semangat belajar, sebagai evaluator, guru memberikan teguran konstruktif untuk mendidik siswa lebih bertanggung jawab. Semua peran ini mendukung terbentuknya siswa yang berkarakter baik dan bertanggung jawab, dan 2) Faktor pendukung dan penghambat membentuk karakter tanggung jawab siswa di SMPN 25 Bengkulu beragam. Faktor pendukung meliputi sarana prasarana yang memadai, perpustakaan dengan buku IPS, lingkungan sekolah yang nyaman, dan slogan-slogan positif, namun proses ini terhambat oleh kurangnya minat belajar siswa, lingkungan keluarga yang kurang mendukung, dan pergaulan negatif. Kerjasama antara sekolah, keluarga, dan lingkungan diperlukan untuk mengatasi hambatan dan mendukung pembentukan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate(S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSUHIRMAN, SUHIRMAN196802191999031003UNSPECIFIED
Thesis advisorSALAMAH, SALAMAH19730505200032004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru IPS, Tanggung Jawab
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 06 Feb 2025 08:29
Last Modified: 06 Feb 2025 08:29
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4127

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year