IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 3 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

SARI, DIANA (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 3 KOTA BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (440kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (TESIS)
DIANA SARI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evalusi implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti di SMAN 3 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Hasil penelitian tesis ini adalah : 1. Perencanaan pembelajaran pada kurikulum merdeka mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti di SMAN 3 Kota Bengkulu sudah menggunakan perangkat kurikulum merdeka, yaitu : a) Membuat capaian pembelajaran (CP) b) Membuat alur tujuan pembelajaran c) Membuat modul ajar d) Melakukan projek profil pancasila, pembuatan teh kombucha dan pembuatan taman sekolah. Pembuatan bahan ajar ini difasilitasi oleh sekolah, melalui in house training (IHT) di sekolah, kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), dan belajar mandiri di platform merdeka mengajar (PMM). 2. Pelaksanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti di SMAN 3 Kota Bengkulu telah melaksanakan pembelajaran dengan a) Kegiatan pendahuluan, yaitu : Guru memberi salam,memastikan kelas rapi, berdoa, melaksanakan absensi, tadarus Al-Qur‘an. b) Kegiatan inti, yaitu : Guru memerintahkan siswa membuka buku paket PAI&BP atau LKS, Lalu guru memberikan penjelasan, dengan contoh, kemudian siswa memahami topik pembelajaran hari itu. Namun, dalam pelaksanaan pembelajaran penggunaan metode dan media konvensional dalam jumlah besar dilakukan semua guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti. Hal itu diakibatkan persepsi guru yang menganggap pelajaran agama itu harus fokus di sampaikan langsung dengan gurunya, dan juga keterbatasan media IT disekoh. c) Kegiatan penutup, yaitu : Guru menyimpulkan materi secara umum, memberikan tugas baik secara individu ataupun kelompok, diakhiri dengan doa dan salam. 3. Evaluasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti di SMAN 3 Kota Bengkulu yaitu menggunakan : a) Assessment diagnostik b) Assessment formatif dan c) Assessment sumatif.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAmin, Alfauzan197011052002121002UNSPECIFIED
Thesis advisorDewi, Desy Eka Citra197512102007102002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, PAI
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 14 Apr 2025 08:27
Last Modified: 14 Apr 2025 08:27
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4196

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year