SARI, DIANA (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 3 KOTA BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (573kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (TESIS)
DIANA SARI.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evalusi implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti di SMAN 3 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Hasil penelitian tesis ini adalah : 1. Perencanaan pembelajaran pada kurikulum merdeka mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti di SMAN 3 Kota Bengkulu sudah menggunakan perangkat kurikulum merdeka, yaitu : a) Membuat capaian pembelajaran (CP) b) Membuat alur tujuan pembelajaran c) Membuat modul ajar d) Melakukan projek profil pancasila, pembuatan teh kombucha dan pembuatan taman sekolah. Pembuatan bahan ajar ini difasilitasi oleh sekolah, melalui in house training (IHT) di sekolah, kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), dan belajar mandiri di platform merdeka mengajar (PMM). 2. Pelaksanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti di SMAN 3 Kota Bengkulu telah melaksanakan pembelajaran dengan a) Kegiatan pendahuluan, yaitu : Guru memberi salam,memastikan kelas rapi, berdoa, melaksanakan absensi, tadarus Al-Qur‘an. b) Kegiatan inti, yaitu : Guru memerintahkan siswa membuka buku paket PAI&BP atau LKS, Lalu guru memberikan penjelasan, dengan contoh, kemudian siswa memahami topik pembelajaran hari itu. Namun, dalam pelaksanaan pembelajaran penggunaan metode dan media konvensional dalam jumlah besar dilakukan semua guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti. Hal itu diakibatkan persepsi guru yang menganggap pelajaran agama itu harus fokus di sampaikan langsung dengan gurunya, dan juga keterbatasan media IT disekoh. c) Kegiatan penutup, yaitu : Guru menyimpulkan materi secara umum, memberikan tugas baik secara individu ataupun kelompok, diakhiri dengan doa dan salam. 3. Evaluasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti di SMAN 3 Kota Bengkulu yaitu menggunakan : a) Assessment diagnostik b) Assessment formatif dan c) Assessment sumatif.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Merdeka, PAI | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Apr 2025 08:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Apr 2025 08:27 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year