PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MEMBANTU SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS X MAN 1 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Putri, Meilinda Sari (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MEMBANTU SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS X MAN 1 KOTA BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (976kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (455kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (TESIS)
Meilinda Sari Putri.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangan media pembelajaran berbasis video animasi yang valid, praktis dan efektif pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas X MAN 1 kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reasearch and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa kritik dan saran dari ahli media, ahli materi, ahli guru mata pelajaran dan peserta didik sedangkan data kuantitatif berupa data penilaian oleh para validator dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini disimpulkan bahwa 1) pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi oleh para validator yang dibuktikan dengan hasil uji validasi oleh ahli materi sebesar 96%, ahli media 86% dan ahli guru mata pelajaran sebesar 96,67% dengan kriteria sangat valid. 2) hasil uji kepraktisan media pembelajaran berbasis video animasi berdasarkan respon peserta didik rata-rata menghasilkan 94,22% dengan kriteria bahwa media pembelajaran berbasis video animasi tersebut sangat praktis. 3) keefektivan media pembelajaran dilihat berdasarkan pada hasil pretest dan posttest mendapatkan rata-rata sebesar 71,85 dan 82. Dari hasil tersebut kemudian diuji dengan menggunakan paired sample t-Test, Adapun hasilnya adalah hasil statistik hitung (angka t output) > statistik tabel (tabel t) = 6,584 > 2,032 dan probabilitas < 0,05 = 0,000 < 0,025. Dari perolehan hasil tersebut ada perbedaan yang signifikan antara sebelum atau sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuhirman, Suhirman196802191999031003UNSPECIFIED
Thesis advisorNurlaili, Nurlaili19750702000032002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Video Animasi, Sejarah Kebudayaan Islam, Efektivitas Pembelajaran
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 16 Apr 2025 07:30
Last Modified: 16 Apr 2025 07:30
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4206

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year