REZYIKA, ICHA (2024) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DAN BARAT (ANALISIS KOMPARATIF IBNU KHALDUN DAN PAULO FREIRE SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN MODERN). Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text (TESIS)
ICHA REZYIKA_2223540015.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), adapun teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan teknik doumentasi, yaitu pengumpulan data dari sumber-sumber catatan, transkrip, buku dan sebagainya. Hasil dari konsep pendidikan Islam dan Barat dengan fokus pada analisis komparatif antara pemikiran Ibnu Khaldun dan Paulo Freire, serta relevansinya dengan pendidikan modern yaitu, Ibnu Khaldun seorang cendikiawan muslim abad ke-14, dikenal dengan pemikirannya yang mendalam mengenai pendidikan yang berakar pada nilai-nilai moral, sosial dan budaya. Ia menekankan pentingnya lingkungan dalam membentuk karakter dan akhlak individu serta memahami hubungan antara pendidikan dan perkembangan masyarakat. Di sisi lain, Paulo Freire seorang pendidik Brazil abad ke-20, mengembangkan teori pendidikan kritis yang menekankan partisipasi aktif peserta didik dalam proses belajar, serta pentingnya pendidikan untuk pemberdayaan sosial dan keadilan. Dengan mengkaji kedua pemikiran ini, tesis ini bertujuan untuk melihat kesamaan dan perbedaan dalam pendekatan mereka terhadap pendidikan, serta bagaimana kedua konsep tersebut dapat memberikan kontribusi terhadap pendidikan modern. Relevansi pemikiran Ibnu Khaldun dan Paulo Freire dalam konteks pendidikan saat ini sangat penting, mengingat tantangan global yang dihadapi dunia pendidikan, seperti ketidak setaraan akses dan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru mengenai pentingnya integrasi nilai-nilai universal dalam pendidikan untuk membentuk individu yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berbudi pekerti luhur dan kritis terhadap realitas sosial di sekitarnya
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Islam, Barat, Ibnu Khaldun, Paulo Freire, Modern | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2025 03:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Apr 2025 03:12 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4211 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year