STRATEGI GURU DALAM MEMBIMBING SISWA MENGHAPAL AL-QUR’AN DAN HADIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS JA ALHAQ KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

MULYO, RIKO (2025) STRATEGI GURU DALAM MEMBIMBING SISWA MENGHAPAL AL-QUR’AN DAN HADIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS JA ALHAQ KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN_RIKO.pdf

Download (664kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (419kB)
[img] Text
RIKO MULYO_2011240064_compressed (1).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang dijumpai penulis di lapangan terutama di MI Plus Ja Alhaq Kota Bengkulu. bahwa guru mata pelajaran Al-Qur’an hadist di MI Plus Ja Alhaq Kota Bengkulu sudah cukup baik. Mulai dari awal pembelajaran yang mengingatkan kembali hafalan dengan membacanya bersama - sama dan menyetor hafalan Al-Qur’an dan hadist pada awal pembelajaran setiap minggunya hanya saja peserta didik kurang menggunakan waktu sebaik mungkin untuk menghafal Al-Qur’an dan Hadist. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal AlQur’an Hadits di MI Plus Ja Alhaq Kota Bengkulu. (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksaan guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an Hadits di MI Plus Ja Alhaq Kota Bengkulu ; (3) Untuk mengetahui solusi guru dalam memecahkan hambatan siswa siswi untuk menghafal Al-Qur’an Hadits di MI Plus Ja Alhaq Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualtitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian dilakukan dilapangan dengan mengumpulkan data untuk memahami fenomena sosial dalam pandangan perilakunya. Sumber data penelitian adalah guru AlQur’an Hadist dan siswa. Lokasi penelitian di MI Plus Ja Alhaq Kota Bengkulu. Pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) strategi yang gunakan guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa. Strategi yang digunakan adalah strategi heuristik dengan Metode yang biasanya guru gunakan ada 4 metode yaitu metode wahdah, metode kitabah, metode jama’ dan metode talaqqi, namun metode yang paling sering digunakan dan disukai siswa yaitu metode xiii kitabah dan metode wahdah, ada juga yang lebih suka individu; (2) Faktor pendukung dan factor penghambat yang guru temukan dalam pelaksanaan hafalan. Adapun factor pendukung dalam meningkatkan yaitu guru memberikan motivasi kepada siswa, adanya interaksi antar guru dan siswa, semangat siswa dalam menghafal sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan hafalan adalah masih ada siswa yang tidak memanfaatkan waktu dengan baik, masih ada siswa yang bermain main dan ribut dengan teman sekelasnya, sehingga banyak siswa yang konsentrasinya terganggu; (3) Solusi guru Al-Qur’an Hadist dalam memecahkan hambatan siswa dalam menghafal adalah memberikan pendekatan terhadap siswa, memberikan reward agar menumbuhkan semangat siswa, memberikan teguran hingga hukuman kepada siswa yang bermain, bergurau karena dapat mengganggu konsentrasi siswa yang sedang fokus menghafal maupun belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorBahri, Husnul1962090519990021001UNSPECIFIED
Thesis advisorAmaliyah, Aam196911222000032002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: strategi guru, Membimbing siswa, menghapal AlQuran Hadist
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:17
Last Modified: 12 Jun 2025 03:17
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year