PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD N 32 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Deah Lestari, Thiara (2025) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD N 32 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN_THIARA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
THIARA DEAH LESTARI_2111240010_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar anak pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 SDN 32 Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena rendahnya hasil belajar siswa yang disinyalir berkaitan erat dengan kurangnya perhatian orang tua dalam mendukung proses belajar anak di rumah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 32 Kota Bengkulu pada tanggal 20 Januari 2025. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SDN 32 Kota Bengkulu yang berjumlah 47 orang. Sampel diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 47 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 32 Kota Bengkulu pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,868 yang menunjukkan hubungan yang sangat kuat, serta kontribusi perhatian orang tua terhadap hasil belajar anak sebesar 75,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti gaya belajar, motivasi, dan lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi perhatian orang tua dalam mendukung kegiatan belajar anak di rumah, maka semakin baik pula hasil belajar yang dicapai siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pihak sekolah dan orang tua dalam upaya meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Azizah197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorNasution, Adam1982080202321016UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:32
Last Modified: 12 Jun 2025 03:32
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4286

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year