AZIS AHMADDINTAN, AL (2024) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN SKI PADA SISWA KELAS IV DI MIN 02 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
BAB II..pdf Download (513kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text
AL AZIZ AHMADDINTAN_2011210151.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum merdeka belajar sudah diterapkan di MIN 02 Kota Bengkulu sejak tahun 2022 sampai 2024 secara bertahap. Dalam penerapannya tidak terlepas dari permasalahan baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Oleh karena itu, Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui cara menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mata Pelajaran SKI Pada Siswa Kelas IV di MIN 02 Kota Bengkulu, (2) Untuk mengidentifikasi apa saja problematika dalam penerapan kurikulum merdeka belajar dalam mata pelajaran SKI di MIN 02 Kota Bengkulu, (3) Untuk mendeskripsikan hasil dari penerapan kurikulum merdeka belajar dalam mata pelajaran SKI kelas IV di MIN 02 Kota Bengkulu. Untuk itu, Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan bersifat pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mata Pelajaran SKI di kelas IV MIN 02 Kota Bengkulu menunjukkan perkembangan positif sejak tahun 2022 sampai 2024. Meskipun telah diterapkan secara bertahap dan sesuai dengan fasilitas yang tersedia, terdapat kendala dalam ketersediaan buku kurikulum yang terbatas. Sehingga sedikit menghambat proses pembelajaran. Problematika yang dihadapi oleh guru SKI kelas IV ini sudah berjalan dengan baik sesuai dengan arahan pelatihan workshop dalam implementasi kurikulum merdeka belajar (IKM) sejak tahun 2022 sampai 2024 sekarang. Untuk itu, xii diharapkan perlu diperhatikan dalam peningkatan pelatihan bagi guru SKI kelas IV seterusnya agar kompetensi mereka dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka semakin baik. Hasil evaluasi menunjukkan dampak positif pada pencapaian tujuan pembelajaran SKI kelas IV melalui penanaman Projek Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5P2RA). Dukungan dan pemantauan berkelanjutan dari pihak sekolah sangat penting untuk memastikan keberhasilan penerapan kurikulum, guna mengoptimalkan kualitas pembelajaran di MIN 02 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Penerapan. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2025 03:07 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jun 2025 03:07 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year