ANDIKA SAPUTRA, AZAN (2025) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN BERPIKIR INDEPENDEN SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 4 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (654kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI AZAN ANDIKA SAPUTRA_2111210135.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum merdeka belajar adalah suatu program kebijakan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek RI) yang dicanangkan oleh Nadiem Anwar Makarim pada 10 Desember 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Kota Bengkulu yang telah menerapkan kurikulum merdeka belajar dalam satuan pendidikan. Dimana kurikulum merdeka belajar ini merupakan rekontruksi system pendidikan dalam rangka menyongsong perubahan dan kemajuan bangsa yang dapat menyesuaikan dengan perubahan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah penerapan dan peran kurikulum merdeka dalam pengajaran PAI. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan mengambil objek yaitu SMPN 4 Kota Bengkulu, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa dengan diterapkannya kurikulum merdeka belajar diharapkan peserta didik dapat belajar sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik, menjadikan peserta didik lebih mandiri dan mampu melihat ketercapaian belajar melalui kegiatan refleksi di kelas. Sehingga peserta didik tidak lagi dituntut dengan padatnya materi yang harus selesai dan dipahami. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada siswa untuk belajar secara mandiri, yang berdampak positif pada kemampuan mereka dalam memecahkan masalah dan berpikir independen. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan bagi guru untuk optimalisasi penerapan kurikulum serta dapat menjadi referensi bagi pengembanggan kurikulum di pendidikan selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Pengajar PAI, Berfikir | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2025 04:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jun 2025 04:29 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4307 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year