PENERAPAN METODE TIKRAR, TAFAHHUM, TASMI’ DAN MUROJAAH DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI TPQ TAHFIZH BAITUL QUR’AN DESA GADING JAYA KECAMATAN SUNGAI RUMBAI KABUPATEN MUKOMUKO

Downloads

Downloads per month over past year

ASTUTI, ELLA (2025) PENERAPAN METODE TIKRAR, TAFAHHUM, TASMI’ DAN MUROJAAH DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI TPQ TAHFIZH BAITUL QUR’AN DESA GADING JAYA KECAMATAN SUNGAI RUMBAI KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (373kB)
[img] Text
SKRIPSI ELLA ASTUTI_2111210004.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah masih rendahnya tingkat hafalan pada peserta didik dan masih kurangnya upaya untuk mengulang-ulang hafalan (murojaah) yang dilakukan oleh peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas dari penerapan metode tikrar, tafahhum, tasmi‟ dan murojaah dalam menghafal Al-Qur‟an di TPQ Tahfizh Baitul Qur‟an desa gading jaya kecamatan sungai rumbai kabupaten mukomuko. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data system yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk mengamati permasalahan secara akurat dan sistematis mengenai fakta dan sifat objek tertentu. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode tikrar, tafahhum, tasmi‟, dan murojaah dalam menghafal Al-Qur‟an di TPQ Tahfizh Baitul Qur‟an menunjukkan perkembangan yang sangat baik dalam menghafal Al-Qur‟an menunjukkan beberapa tahap pada pelaksanaan metode tikrar, tafahhum, tasmi‟ dan murojaah ini melibatkan pengulangan bacaan sebanyak sepuluh hingga dua puluh kali sambil melihat mushaf, diikuti dengan proses menghafal dan memahami makna ayat yang akan dihafalkan. Selanjutnya, peserta didik memperdengarkan bacaan mereka terutama kepada ustadz/zahnya dan melakukan proses pengulangan kembali hafalan yang telah dimiliki oleh peserta didik dalam rangka penjagaan atau upaya untuk menjaga hafalan yang telah dihafalkan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSamsudin, Samsudin196606051997021003UNSPECIFIED
Thesis advisorEfendi, Sutrian198910292023211022UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Tikrar, Tafahhum, Tasmi’ Dan Murojaah, Menghafal A
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 17 Jun 2025 04:38
Last Modified: 17 Jun 2025 04:38
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4309

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year