SAHFITRI, CLARA (2025) PENGARUH PERCEIVED VALUE TERHADAP KOMITMENDONATOR PADA INISIATIF ZAKAT INDONESIA PERWAKILAN BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (745kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
CLARA SAHFITRI_2111330024.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived value terhadap komitmen donatur pada Inisiatif zakat Indonesia (IZI) serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi variabel perceived value. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi Pearson. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara online kepada donatur. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji regresi sederhana serta uji koefisien determinasi (R²). Berdasarkan hasil analisis Uji Regresi, terdapat hubungan cukup kuat dan signifikan antara perceived value dan komitmen donatur dengan nilai korelasi r = 0.500. Persamaan regresi Y = 11,122 + 0,500X menunjukkan bahwa setiap peningkatan satu satuan perceived value meningkatkan komitmen donatur sebesar 0.500. Nilai signifikansi 0.000 yang lebih kecil dari 0.05 mengonfirmasi bahwa hubungan ini signifikan secara statistik. Dengan demikian, semakin tinggi perceived value yang dirasakan donatur, semakin tinggi pula komitmen mereka untuk berdonasi. Dengan di lihat dari faktor yang mempengaruhi yaitu faktor emosional, sosial dan faktor quality. Disamping itu berdasarkan hasil uji R2 menyatakan bahwa hubungan variabel X (Perceived Value) terhadap variabel Y (Komitmen Donatur) sebesar 57,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang membentuk perceived value memberikan pengaruh signifikan terhadap komitmen donatur. Sisa 42,9% perubahan Komitmen Donatur dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti kepercayaan, kepuasan, identifikasi dengan organisasi, dan pengalaman sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perceived Value, Komitmen Donatur, Zakat | ||||||||||||
Subjects: | Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Manajemen Dakwah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Manajemen Dakwah | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 02:42 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 02:42 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year