PENGARUH PERCEIVED VALUE TERHADAP KOMITMENDONATOR PADA INISIATIF ZAKAT INDONESIA PERWAKILAN BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

SAHFITRI, CLARA (2025) PENGARUH PERCEIVED VALUE TERHADAP KOMITMENDONATOR PADA INISIATIF ZAKAT INDONESIA PERWAKILAN BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (745kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CLARA SAHFITRI_2111330024.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived value terhadap komitmen donatur pada Inisiatif zakat Indonesia (IZI) serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi variabel perceived value. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi Pearson. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara online kepada donatur. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji regresi sederhana serta uji koefisien determinasi (R²). Berdasarkan hasil analisis Uji Regresi, terdapat hubungan cukup kuat dan signifikan antara perceived value dan komitmen donatur dengan nilai korelasi r = 0.500. Persamaan regresi Y = 11,122 + 0,500X menunjukkan bahwa setiap peningkatan satu satuan perceived value meningkatkan komitmen donatur sebesar 0.500. Nilai signifikansi 0.000 yang lebih kecil dari 0.05 mengonfirmasi bahwa hubungan ini signifikan secara statistik. Dengan demikian, semakin tinggi perceived value yang dirasakan donatur, semakin tinggi pula komitmen mereka untuk berdonasi. Dengan di lihat dari faktor yang mempengaruhi yaitu faktor emosional, sosial dan faktor quality. Disamping itu berdasarkan hasil uji R2 menyatakan bahwa hubungan variabel X (Perceived Value) terhadap variabel Y (Komitmen Donatur) sebesar 57,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang membentuk perceived value memberikan pengaruh signifikan terhadap komitmen donatur. Sisa 42,9% perubahan Komitmen Donatur dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti kepercayaan, kepuasan, identifikasi dengan organisasi, dan pengalaman sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMaryam, Maryam197210221999032001UNSPECIFIED
Thesis advisorHaryati, Asti199108252023212050UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perceived Value, Komitmen Donatur, Zakat
Subjects: Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:42
Last Modified: 08 Jul 2025 02:42
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4330

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year