Putri, Anesa Salhi (2025) STRATEGI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA KURIKULUM MERDEKA DI SDIT AL-QISWAH KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN_ANESA.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (467kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (568kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
ANESA SALHI PUTRI_2011240085_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Guru Dalam Mengimplementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka Di SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu, serta Kendala Apa Saja Yang Di Hadapi Guru Dalam Mengimplementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka Di SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Subjek dan informen dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru wali kelas IV dan peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Guru Dalam Mengimplementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui penerapan nilai-nilai pancasila 1). Nilai beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa diterapkan dengan pembiasaan kegiatan religius di sekolah Seperti mengajak siswa untuk berdoa sebelum memulai pelajaran sholat berjamaah dan tadarus Al-Qur'an di sekolah mengadakan kegiatan membaca asmaul husna secara rutin. 2). Nilai berkenikaan global diterapakan dengan cara dengan cara mendorong siswa untuk berkolaborasi dalam proyek kelompok dengan teman dari latar belakang yang berbeda 3).Nilai gotong royong diterapkan membagi siswa ke dalam kelompok kecil terdiri dari 4-5 orang Kemudian mengadakan diskusi dikelas untuk mengidetifikasi isuisu releven dengan lingkungan sekitar. 4). Nilai mandiri diterapkan dengan cara memberikan kebebasan kepada siswa untuk berpendapat memberikan mereka kesempatan untuk terlibat dalam pengambilan keputusan terkait proyek atau tugas kelompok. 5). Nilai berfikir kritis diterapkan dengan cara melalui diskusi klompok kemudian mendorong siswa untuk berbagi pandangan mereka tentang tofik tertentu. 6). Nilai kreatif diterapkan dengan cara berusaha menciptakan suasana yang xv mendukung eksplorasi dan inovasi mengadakan proyek di mana siswa harus merancang solusi untuk masalah lokal, seperti pengelolaan sampah di sekolah hal Ini mendorong mereka untuk kreatif. Kemudian untuk Kendala dalam mengimpelementasi projek penguatan profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka di SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu terdapat beberapa kendala yang dialami oleh guru yaitu sebagai berikut: peserta didik yang memiliki karakter dan keperibadian yang berbedabeda, kesulitan menetukan tema alokasi waktu
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Perojek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | furqon adli |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:31 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:36 |
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4370 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year