sulastri, friti (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN COMPUTER BASED TEST E-LEARNING MADRASAH DALAM ASESMEN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
FRITI SULASTRI_2323540018.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penggunaan e-learning Madrasah dalam asesmen pembelajaran akidah akhlak di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu; (2) mengukur efektivitas penggunaan CBT e-learning Madrasah dalam asesmen akidah akhlak di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu; dan (3) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan e-learning Madrasah dalam asesmen pembelajaran akidah akhlak di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah mix method dengan pendekatan concurrent embedded. Secara kualitatif, teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan informan penelitian yaitu kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, guru kelas, dan guru mata pelajaran yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian secara kualitatif menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan CBT dipersiapkan mulai dari pelatihan hingga analisis hasil asesmen; (2) faktor pendukung meliputi kesiapan perangkat, dukungan sekolah, serta antusiasme siswa dalam mengikuti asesmen berbasis digital; sedangkan faktor penghambat meliputi keterbatasan akses internet, kesiapan infrastruktur, pelatihan guru, serta dukungan dari seluruh komponen sekolah. Secara kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas IV dan V MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu sebanyak 197 siswa, dengan sampel sebanyak 66 siswa yang dipilih menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan persentase efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan CBT e-learning Madrasah efektif, dengan persentase indikator kemudahan akses sebesar 81,8%, efisiensi waktu 79,92%, motivasi siswa 82,27%, keakuratan penilaian 80%, dan user experience 82,54%. Sementara itu, persentase asesmen pembelajaran akidah akhlak meliputi kesesuaian soal dengan materi sebesar 83,54%, kemampuan menilai sikap dan perilaku 84,34%, serta umpan balik untuk peningkatan pembelajaran sebesar 82,57%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Computer Based Test, Asesmen, Akidah Akhlak | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 03:37 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 03:37 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year