Apriyani, Putri (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 KOTA BENGKULU TAHUN AKADEMIK 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (467kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
PUTRI APRIYANI_2111280015.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan numerasi siswa kelas VII SMP Negeri 20 Kota Bengkulu Tahun Akademik 2024/2025. Latar belakang penelitian menunjukkan rendahnya kemampuan numerasi siswa di Indonesia berdasarkan hasil PISA dan TIMSS, serta observasi awal di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu yang mengindikasikan kesulitan siswa dalam memahami konsep dasar matematika dan soal cerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas VII B, dengan 6 informan terpilih untuk wawancara mendalam. Data dikumpulkan melalui tes uraian berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) numerasi level 4 dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa berada dalam kategori kemampuan numerasi sedang, dalam kategori rendah, dan hanya dalam kategori tinggi. Siswa kategori rendah mengalami hambatan fundamental dalam memahami konsep dasar dan strategi penyelesaian masalah. Siswa kategori sedang menunjukkan pemahaman yang lebih baik namun masih kesulitan dalam pemodelan matematika dan sistematisasi penyelesaian. Siswa kategori tinggi memiliki penguasaan konsep yang solid tetapi masih perlu meningkatkan ketelitian dan kelengkapan dalam proses penyelesaian. Faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan numerasi meliputi kompleksitas soal cerita, kurangnya pemahaman konseptual, faktor afektif (kecemasan, kurang percaya diri, minat rendah), serta kebutuhan akan metode pengajaran yang lebih konkret, visual, dan interaktif. Analisis berdasarkan level kognitif (knowing, applying, reasoning) menunjukkan tantangan signifikan pada semua level, terutama pada level applying ( jawaban benar) dan reasoning ( jawaban benar). Penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan numerasi siswa SMP Negeri 20 Kota Bengkulu masih perlu ditingkatkan secara signifikan melalui pendekatan holistik yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan metodologi pengajaran yang adaptif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | AKM Numerasi, Numerasi, Matematika | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 04:23 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 04:23 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4410 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year