ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 KOTA BENGKULU TAHUN AKADEMIK 2024/2025

Downloads

Downloads per month over past year

Apriyani, Putri (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 KOTA BENGKULU TAHUN AKADEMIK 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (263kB)
[img] Text
PUTRI APRIYANI_2111280015.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan numerasi siswa kelas VII SMP Negeri 20 Kota Bengkulu Tahun Akademik 2024/2025. Latar belakang penelitian menunjukkan rendahnya kemampuan numerasi siswa di Indonesia berdasarkan hasil PISA dan TIMSS, serta observasi awal di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu yang mengindikasikan kesulitan siswa dalam memahami konsep dasar matematika dan soal cerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas VII B, dengan 6 informan terpilih untuk wawancara mendalam. Data dikumpulkan melalui tes uraian berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) numerasi level 4 dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa berada dalam kategori kemampuan numerasi sedang, dalam kategori rendah, dan hanya dalam kategori tinggi. Siswa kategori rendah mengalami hambatan fundamental dalam memahami konsep dasar dan strategi penyelesaian masalah. Siswa kategori sedang menunjukkan pemahaman yang lebih baik namun masih kesulitan dalam pemodelan matematika dan sistematisasi penyelesaian. Siswa kategori tinggi memiliki penguasaan konsep yang solid tetapi masih perlu meningkatkan ketelitian dan kelengkapan dalam proses penyelesaian. Faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan numerasi meliputi kompleksitas soal cerita, kurangnya pemahaman konseptual, faktor afektif (kecemasan, kurang percaya diri, minat rendah), serta kebutuhan akan metode pengajaran yang lebih konkret, visual, dan interaktif. Analisis berdasarkan level kognitif (knowing, applying, reasoning) menunjukkan tantangan signifikan pada semua level, terutama pada level applying ( jawaban benar) dan reasoning ( jawaban benar). Penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan numerasi siswa SMP Negeri 20 Kota Bengkulu masih perlu ditingkatkan secara signifikan melalui pendekatan holistik yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan metodologi pengajaran yang adaptif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSunarto, Andang197611242006041002UNSPECIFIED
Thesis advisorSari, Resti Komala19880320202321038UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: AKM Numerasi, Numerasi, Matematika
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 01 Sep 2025 04:23
Last Modified: 01 Sep 2025 04:23
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4410

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year