Syahri, Melani Purnama (2025) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF, INSPIRATIF, MENYENANGKAN, MENANTANG, MEMOTIVASI (I2M3) UNTUK MEMBENTUK KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DI SMP INSAN KAMIL ISLAMIC SCHOOL BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (714kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
MELANI PURNAMA SYAHRI_2323540023.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Akidah Akhlak) dalam mewujudkan pembelajaran I2M3 guna membentuk keaktifan belajar serta kemampuan berpikir siswa di SMP Insan Kamil Islamic School Bengkulu. Pembelajaran I2M3 merupakan pendekatan inovatif yang menekankan pentingnya identifikasi karakteristik siswa, penggunaan inovasi, pemberian motivasi, pemilihan metode yang tepat, serta optimalisasi media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Akidah akhlak menerapkan strategi pembelajaran inkuiri secara bertahap dan terstruktur. Strategi ini terbukti mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran serta mendorong mewujudkan pembelajaran I2M3 untuk membentuk keaktifan belajar siwa dan kemampuan berpikir kritis siswa. Pembelajaran yang interaktif dan kontekstual melalui strategi inkuiri memberikan dampak positif terhadap pencapaian tujuan Akidah Akhlak di sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa strategi guru dalam strategi inkuiri berperan signifikan dalam membentuk karakter dan pola pikir siswa secara holistik.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Pembelajaran I2M3, Keaktifan Belajar, Kemampuan Berpikir, Akidah akhlak Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran I2M3, Keaktifan Belajar, Kemampuan Berpikir, Akidah akhlak Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran I2M3, Keaktifan Belajar, Kemampuan Berpikir, Akidah akhlak | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 06:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 06:54 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4418 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year