STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF, INSPIRATIF, MENYENANGKAN, MENANTANG, MEMOTIVASI (I2M3) UNTUK MEMBENTUK KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DI SMP INSAN KAMIL ISLAMIC SCHOOL BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Syahri, Melani Purnama (2025) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF, INSPIRATIF, MENYENANGKAN, MENANTANG, MEMOTIVASI (I2M3) UNTUK MEMBENTUK KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DI SMP INSAN KAMIL ISLAMIC SCHOOL BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (714kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (317kB)
[img] Text (Skripsi)
MELANI PURNAMA SYAHRI_2323540023.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Akidah Akhlak) dalam mewujudkan pembelajaran I2M3 guna membentuk keaktifan belajar serta kemampuan berpikir siswa di SMP Insan Kamil Islamic School Bengkulu. Pembelajaran I2M3 merupakan pendekatan inovatif yang menekankan pentingnya identifikasi karakteristik siswa, penggunaan inovasi, pemberian motivasi, pemilihan metode yang tepat, serta optimalisasi media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Akidah akhlak menerapkan strategi pembelajaran inkuiri secara bertahap dan terstruktur. Strategi ini terbukti mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran serta mendorong mewujudkan pembelajaran I2M3 untuk membentuk keaktifan belajar siwa dan kemampuan berpikir kritis siswa. Pembelajaran yang interaktif dan kontekstual melalui strategi inkuiri memberikan dampak positif terhadap pencapaian tujuan Akidah Akhlak di sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa strategi guru dalam strategi inkuiri berperan signifikan dalam membentuk karakter dan pola pikir siswa secara holistik.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZulkarnain, Zulkarnain196005251987031001UNSPECIFIED
Thesis advisorRiadi, Dayun197207072006041002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pembelajaran I2M3, Keaktifan Belajar, Kemampuan Berpikir, Akidah akhlak Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran I2M3, Keaktifan Belajar, Kemampuan Berpikir, Akidah akhlak Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran I2M3, Keaktifan Belajar, Kemampuan Berpikir, Akidah akhlak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 01 Sep 2025 06:24
Last Modified: 01 Sep 2025 06:54
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4418

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year