PENGARUH PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KARAKTER BERGOTONG ROYONG SISWA KELAS V DI MIN 1 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Miranti, Miranti (2025) PENGARUH PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KARAKTER BERGOTONG ROYONG SISWA KELAS V DI MIN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (426kB)
[img] Text (Skripsi)
MIRANTI_2011240095.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

KOTA BENGKULU Pelaksanaan Kurikulum Merdeka masih menyisakan permasalahan. Penanaman karakter gotong royong yang belum mendapat perhatian maksimal dari sebagian guru dan masih banyak siswa yang kesulitan dalam melakukan pembelajaran dengan metode kolaboratif dimana siswa mau kurang bekerjasama dengan temannya ketika belajar berkelompok. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pelaksanaan Kurikulum Merdeka terhadap karakter bergotong royong siswa Kelas V di MIN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan regresional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas V MIN 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 208 orang siswa. Pengambilan sampel penelitian ini adalah proportional stratified random sampling untuk memperoleh sampel yang representatif dengan melihat populasi siswa yang berstrata yang terdiri dari beberapa kelas yang heterogen, sehingga peneliti mengambil sampel dari Kelas VA - VF dan dari masing-masing kelas diambil wakilnya sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 orang yang diambil secara random atau acak. Instrumen penelitian ini adalah angket/kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas data, uji homogenitas data, uji t, uji regresi sederhana, dan uji koefisien determinasi (r 2 ). Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan Kurikulum Merdeka terhadap karakter bergotong-royong siswa di Kelas V di MIN 1 Kota Bengkulu. Hal ini diketahui dari hasil uji hipotesis yang telah dilakukan yaitu nilai thitung yang diperoleh adalah 3,845 dan nilai ttabel adalah 1,668 maka nilai thitung > ttabel (3,845 > 1,668) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh pelaksanaan Kurikulum Merdeka terhadap karakter bergotongroyong siswa di Kelas V MIN 1 Kota Bengkulu. Sedangkan hasil perhitungan R Square (R 2 ) adalah 0,625 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan Kurikulum Merdeka terhadap karakter bergotongroyong sebesar 62,5 %, sedangkan 37,5 % dimana karakter bergotongroyong siswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSalamah, Salamah197305052000032004UNSPECIFIED
Thesis advisorHidayanti, Masrifa197506302009012004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Karakter, Gotong Royong.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 01 Sep 2025 06:45
Last Modified: 01 Sep 2025 06:45
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4423

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year