IMPLEMENTASI ASPEK GOTONG ROYONG PADA KURIKULUM MERDEKA DI TK NEGERI 14 BENGKULU SELATAN

Downloads

Downloads per month over past year

Sriwanto, Windo (2025) IMPLEMENTASI ASPEK GOTONG ROYONG PADA KURIKULUM MERDEKA DI TK NEGERI 14 BENGKULU SELATAN. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (781kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (261kB)
[img] Text
WINDO SRIWANTO_2323750009.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis pemahaman guru mengenai implementasi aspek gotong royong pada kurikulum merdeka di TK Negeri 14 Bengkulu Selatan. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kegiatan yang melibatkan aspek gotong royong dalam kurikulum merdeka di TK Negeri 14 Bengkulu Selatan. Menilai dampak implementasi aspek gotong royong terhadap perkembangan sosial dan karakter anak di TK Negeri 14 Bengkulu Selatan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan meggunakan wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian adalah 1). Pemahaman guru terhadap implementasi aspek gotong royong pada kurikulum merdeka yaitu guru sudah memiliki pemahaman yang baik tentang aspek gotong royong sebagai nilai budaya yang harus ditanamkan sejak dini dan guru telah melakukan dan melaksanakan implementasi aspek gotong royong dengan baik melalui pendekatan yang sesuai dengan anak usia dini. 2). Bentuk kegiatan yang melibatkan aspek gotong royong sangat beragam, seperti permainan edukatif berkelompok seperti menyusun puzzle, membangun menara dari balok, permainan estafet bola dan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan didalam kelas dan di luar kelas. 3). Dampak fositif implementasi aspek gotong royong terlihat jelas dalam perkembangan sosial dan karakter anak. Setiap anak-anak yang terlibat dalam kegiatan gotong royong menunjukan peningkatan berupa sikap mau bekerja sama, saling menolong terhadap teman, bisa bersosialisasi dan adanya sikap saling berbagi pada anak serta timbul rasa empati terhadap orang lain.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuradi, Ahmad197601192007011018UNSPECIFIED
Thesis advisorChandra, Pasmah198905142020121003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi aspek gotong royong, kurikulum merdeka, anak usia dini
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 01 Sep 2025 08:20
Last Modified: 01 Sep 2025 08:33
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4435

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year