PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Anggraini, Intan (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (531kB)
[img] Text (Skripsi)
Intan Anggriani_1911290066.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Bengkulu, yang terdiri dari dua kelas. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif eksperimen semu dengan menggunakan desain <the matching only pretest-posttest control group design”, yaitu kelompok pertama diberi perlakuan (kelompok eksperimen) yaitu kelas VIII A, dan kelompok kedua tidak diberikan perlakuan (kelompok kontrol) yaitu kelas VIII C. Model tersebut didukung dengan teknik-teknik pengumpulan data, observasi, tes (pre test dan post test), dan dokumentasi. Dari hasil post-test yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa rata-rata kelas eksperimen menigkat dari 57,4 menjadi 83,2 sedangkan kelas kontrol meningkat dari 58,8 menjadi 72,6. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata kelas eksperimen mengalami peningkatan lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Selain itu, juga dilakukan uji statistik menggunakan SPSS seri 27 untuk melihat apakah hipotesis ditolak atau diterima. Dari hasil pengujian yang dilakukan diketahui bahwa untuk Uji T diperoleh nilai thit (4.520) dengan taraf signifikansi sebesar (0,000). Dengan begitu, maka dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan HI diterima, yakni karena 0,000 lebih kecil dari 0,025. Artinya adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dari hal hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhermarinah, Khermarinah196312231993032002UNSPECIFIED
Thesis advisorRandi, Randi198806122023211030UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Peserta Didik, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 01 Sep 2025 08:21
Last Modified: 01 Sep 2025 08:21
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4438

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year