Anggraini, Intan (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (506kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (531kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
Intan Anggriani_1911290066.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Bengkulu, yang terdiri dari dua kelas. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif eksperimen semu dengan menggunakan desain <the matching only pretest-posttest control group design”, yaitu kelompok pertama diberi perlakuan (kelompok eksperimen) yaitu kelas VIII A, dan kelompok kedua tidak diberikan perlakuan (kelompok kontrol) yaitu kelas VIII C. Model tersebut didukung dengan teknik-teknik pengumpulan data, observasi, tes (pre test dan post test), dan dokumentasi. Dari hasil post-test yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa rata-rata kelas eksperimen menigkat dari 57,4 menjadi 83,2 sedangkan kelas kontrol meningkat dari 58,8 menjadi 72,6. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata kelas eksperimen mengalami peningkatan lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Selain itu, juga dilakukan uji statistik menggunakan SPSS seri 27 untuk melihat apakah hipotesis ditolak atau diterima. Dari hasil pengujian yang dilakukan diketahui bahwa untuk Uji T diperoleh nilai thit (4.520) dengan taraf signifikansi sebesar (0,000). Dengan begitu, maka dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan HI diterima, yakni karena 0,000 lebih kecil dari 0,025. Artinya adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dari hal hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri, Peserta Didik, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 08:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 08:21 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year