Jauhari, Fatimah (2025) agama Islam pada siswa kelas VII SMPN 5 Kota Bengkulu. Dalam konteks persamaan regresi linear sederhana Y' = a + bX, dapat dinyatakan bahwa variabel X memberikan kontribusi sebesar 80,7% terhadap variabel Y sementara 19,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model tersebut. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
FATIMAH JAUHARI_2111210095.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dan kemajuan zaman telah menjadikan media sosial, seperti TikTok, sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan generasi Z, termasuk siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Media sosial memiliki dampak positif, seperti mempermudah akses informasi termasuk materi Pendidikan Agama Islam. Namun, penggunaan yang berlebihan dapat menurunkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi, banyak siswa menggunakan TikTok tidak hanya untuk mencari informasi pendidikan, tetapi juga sebagai hiburan, yang menyebabkan terganggunya waktu belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh media social tiktok terhadap prestasi belajar siswa Pendidikan agama Islam kelas VII di SMPN 5 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi adalah jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua atau lebih variabel, tanpa memberikan perlakuan atau manipulasi terhadap variabel-variabel tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi yang muslim pada kelas VII dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik radom sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi,kuisioner,dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini, bahwa Media sosial Tiktok berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa Pendidikan agama Islam. Hubungan linear yang signifikan antara variable X dan Y, dengan nilai signifikan (sig) untuk parsial effect X dan Y sebesar 0,000 < 0,05, serta nilai t-hitung sebesar 12.623 > t- tabel sebesar 1,684. Dari situ peneliti mendapatkan hasil bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, yang menandakan terdapat pengaruh dari media social tiktok terhadap prestasi belajar siswa Pendidikan agama Islam pada siswa kelas VII SMPN 5 Kota Bengkulu. Dalam konteks persamaan regresi linear sederhana Y' = a + bX, dapat dinyatakan bahwa variabel X memberikan kontribusi sebesar 80,7% terhadap variabel Y sementara 19,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Tiktok, Prestasi Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 08:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 08:35 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4441 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year