Cahyani,, Widya (2025) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SOSIAL ANAK DI SMPN 7 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
WIDYA CAHYANI_2111210058.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan karakter sosial di kalangan anak dan remaja saat ini menjadi perhatian serius, terutama di lingkungan sekolah. Fenomena seperti menurunnya sikap saling menghormati, rendahnya kepedulian sosial, dan meningkatnya perilaku individualisme menunjukkan bahwa pendidikan karakter perlu diperkuat. Dalam hal ini, Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam menumbuhkan karakter sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai PAI dalam meningkatkan karakter sosial siswa serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, di mana peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Sumber data primer berasal dari guru PAI dan siswa kelas VII A, B, dan C, sementara data pendukung diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, kepala tata usaha, serta dokumen lain seperti jurnal dan buku. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai PAI di SMPN 7 Kota Bengkulu telah berjalan dengan baik, terutama dalam penanaman nilai akhlak sebagai fondasi karakter sosial. Implementasi ini dilakukan melalui keteladanan guru, pembelajaran di kelas, dan kegiatan keagamaan. Meskipun demikian, efektivitasnya masih dipengaruhi oleh tingkat kesadaran dan karakter masing-masing siswa. Selain faktor internal, pembentukan karakter sosial juga dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti pola asuh keluarga, lingkungan sekolah, dan masyarakat. Oleh karena itu, kerja sama antara ketiganya diperlukan untuk mendukung keberhasilan implementasi nilai-nilai PAI dalam membentuk karakter sosial siswa secara optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Karakter Sosial. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2025 03:07 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2025 03:07 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year