Monika, Dea (2025) PEMBELAJARAN BERBASIS SUMBER (RESOURCE BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTSN 2 BENGKULU SELATAN. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (548kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
SKRIPSI DEA MONIKA_2111210109.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berbasis sumber (Resource Based Learning) dalam pembelajaran Fiqih kelas VII di MTsN 2 Bengkulu Selatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran berbasis sumber (Resource Based Learning) dalam pembelajaran Fiqih. Pembelajaran berbasis sumber merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pemanfaatan berbagai sumber belajar untuk mendukung proses pembelajaran di MTsN 2 Bengkulu selatan. Metode yang digunakan peneliti mengunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian berupa guru Fiqih dan siswa kelas VII yang dilakukan pada tangga 16 Januari s/d 16 Februari 2025. Adapun teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang pembelajaran berbasis sumber (Resource Based Learning) pada pembelajaran Fiqih di MTsN 2 Bengkulu Selatan di Madrasah ini berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan keaktifan siswa hal ini dapat dilihat dari cara mengerjakan soal pre test, post test, sikap dan antusias siswa dalam diskusi kelompok saat mengikuti pembelajaran ini. Resource Based Learning dapat membangkitkan semangat siswa dalam belajar dan memudahkan siswa untuk merangkum materi sesuai dengan gaya bahasanya sehingga mudah dipahami. Dengan menggunakan sumber belajar, memungkinkan pembelajaran berlangsung terus menerus dan belajar menjadi mudah diserap dan siap diterapkan serta keterampilan dan penegetahuan meningkat secara bersamaan, tidak terlepas kemungkinan setiap keberhasilan yang ingin dicapai ada kendala saat penerapan mata pelajaran Fiqih karena alokasi waktu dan sarana prasarana yang kurang memadai untuk mendukung model pembelajaran Resource Based Learning dalam penerapan di MTsN 2 Bengkulu selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Resource Based Learning, pembelajaran Fiqih | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2025 03:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2025 03:06 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4458 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year