PEMBELAJARAN BERBASIS SUMBER (RESOURCE BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTSN 2 BENGKULU SELATAN

Downloads

Downloads per month over past year

Monika, Dea (2025) PEMBELAJARAN BERBASIS SUMBER (RESOURCE BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTSN 2 BENGKULU SELATAN. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (442kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI DEA MONIKA_2111210109.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berbasis sumber (Resource Based Learning) dalam pembelajaran Fiqih kelas VII di MTsN 2 Bengkulu Selatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran berbasis sumber (Resource Based Learning) dalam pembelajaran Fiqih. Pembelajaran berbasis sumber merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pemanfaatan berbagai sumber belajar untuk mendukung proses pembelajaran di MTsN 2 Bengkulu selatan. Metode yang digunakan peneliti mengunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian berupa guru Fiqih dan siswa kelas VII yang dilakukan pada tangga 16 Januari s/d 16 Februari 2025. Adapun teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang pembelajaran berbasis sumber (Resource Based Learning) pada pembelajaran Fiqih di MTsN 2 Bengkulu Selatan di Madrasah ini berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan keaktifan siswa hal ini dapat dilihat dari cara mengerjakan soal pre test, post test, sikap dan antusias siswa dalam diskusi kelompok saat mengikuti pembelajaran ini. Resource Based Learning dapat membangkitkan semangat siswa dalam belajar dan memudahkan siswa untuk merangkum materi sesuai dengan gaya bahasanya sehingga mudah dipahami. Dengan menggunakan sumber belajar, memungkinkan pembelajaran berlangsung terus menerus dan belajar menjadi mudah diserap dan siap diterapkan serta keterampilan dan penegetahuan meningkat secara bersamaan, tidak terlepas kemungkinan setiap keberhasilan yang ingin dicapai ada kendala saat penerapan mata pelajaran Fiqih karena alokasi waktu dan sarana prasarana yang kurang memadai untuk mendukung model pembelajaran Resource Based Learning dalam penerapan di MTsN 2 Bengkulu selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMindani, Mindani196908062007101002UNSPECIFIED
Thesis advisorUtami, Intan199010082019032009UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Resource Based Learning, pembelajaran Fiqih
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 02 Sep 2025 03:06
Last Modified: 02 Sep 2025 03:06
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4458

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year