Nutriansa, Aldy (2025) PEMBERIAN REWARD DAN DAMPAK POSITIF BAGI SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 37 KABUPATEN SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
ALDY NUTRIANSA_2011270058.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam meningatkan potensi akademik dan non akademik bagi siswa, diperlukan sebuah reward yang diberikan guru kepada siswa dengan memberikannya pujian ataupun hadiah atas hal positif yang dilakukan oleh siswa untuk membentuk siswa lebih giat lagi usahanya disetiap proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberian reward dan dampak positif bagi siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP 37 kabupaten seluma. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dan informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru ilmu pengetahuan sosial, dan siswa kelas VII SMP 37 Kabupaten Seluma. Teknik pengambilan data menggunakan teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dan analisis data dikumpulkan melalui Reduksi Data, Display Data, dan Pengambilan Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian reward yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial, diantaranya: 1) Perencanaan, dasar, tujuan dan evaluasi. Pemberian bentuk reward diantaranya: a) Kata-Kata Pujian, b) Pemberian Motivasi dan Dorongan Moral, c) Pemberian Alat Tulis, d) Pemberian Piagam dan Uang Pembinaan. 2) Dampak positif pemberian reward dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial yaitu: a) Meningkatkan dan menjadikan siswa lebih percaya diri dalam belajar, b) Menjadi motivasi dan semangat belajar bagi siswa, c) Mendapat pengakuan publik atas capaian prestasi sehingga menjadi kebanggaan bagi keluarga, d) Meningkatkan prestasi dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Reward, Dampak Positif, Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2025 03:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2025 03:09 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4459 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year