PEMBERIAN REWARD DAN DAMPAK POSITIF BAGI SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 37 KABUPATEN SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

Nutriansa, Aldy (2025) PEMBERIAN REWARD DAN DAMPAK POSITIF BAGI SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 37 KABUPATEN SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (243kB)
[img] Text (Skripsi)
ALDY NUTRIANSA_2011270058.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam meningatkan potensi akademik dan non akademik bagi siswa, diperlukan sebuah reward yang diberikan guru kepada siswa dengan memberikannya pujian ataupun hadiah atas hal positif yang dilakukan oleh siswa untuk membentuk siswa lebih giat lagi usahanya disetiap proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberian reward dan dampak positif bagi siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP 37 kabupaten seluma. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dan informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru ilmu pengetahuan sosial, dan siswa kelas VII SMP 37 Kabupaten Seluma. Teknik pengambilan data menggunakan teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dan analisis data dikumpulkan melalui Reduksi Data, Display Data, dan Pengambilan Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian reward yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial, diantaranya: 1) Perencanaan, dasar, tujuan dan evaluasi. Pemberian bentuk reward diantaranya: a) Kata-Kata Pujian, b) Pemberian Motivasi dan Dorongan Moral, c) Pemberian Alat Tulis, d) Pemberian Piagam dan Uang Pembinaan. 2) Dampak positif pemberian reward dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial yaitu: a) Meningkatkan dan menjadikan siswa lebih percaya diri dalam belajar, b) Menjadi motivasi dan semangat belajar bagi siswa, c) Mendapat pengakuan publik atas capaian prestasi sehingga menjadi kebanggaan bagi keluarga, d) Meningkatkan prestasi dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSamsudin, Samsudin196606051997021003UNSPECIFIED
Thesis advisorYunarman, Sepri199002102019031015UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Reward, Dampak Positif, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 02 Sep 2025 03:09
Last Modified: 02 Sep 2025 03:09
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4459

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year