Warman, Ganda (2024) PERAN GURU IPS DALAM MENINGKATKAN MORAL PESERTA DIDIK STUDI KASUS DI SMP BERBASIS PESANTREN PANCASILA KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
3. BAB II LANDASAN TEORI.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
4. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
GANDA WARMAN_1811270030.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Rumusan Penelitian ini adalah: 1). Bagaimana Peran Guru IPS dalam membentuk moral peserta didik di Pondok Pesantren Pancasila Kota Bengkulu. 2). Apa saja kendala yang dihadapi guru IPS dalam membentuk moral peserta didik di Pondok Pesantren Pancasila Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Guru IPS dalam membentuk moral peserta didik di Pondok Pesantren Pancasila Kota Bengkulu dan untuk mengetahui Apa saja kendala yang dihadapi guru IPS dalam membentuk moral peserta didik di Pondok Pesantren Pancasila Kota Bengkulu. Jenis Pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data dan analisis data yang meliputi: wawancara, observasi, dokumentasi dan data reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwah : 1). Peran Guru IPS dalam meningkatkan moral peserta didik di SMP Pondok Pesantren Pancasila Kota Bengkulu sangat penting perannya, baik yang dilakukan oleh kepala sekolah, guru IPS, guru agama dan guru lainnya. Dengan peran masing-masing guru memiliki metode sendiri-sendiri dalam pembinaan moral peserta didik. Metode yang dilakukan tentunya sudah sesuai dengan kondisi keadaan yang terjadi. Serta sudah melakukan upaya peningkatan moral dengan baik, dilhat dari guru selalu memberikan contoh keteladanan yang baik kepada semua siswa, yang berupa kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran dan kebaikan, karena guru adalah yang selalu menjadi contoh yang selalu ditiru yang akan menjadi teladan bagi semua siswa. 2). Kendala yang dihadapi Guru IPS dalam membentuk Moral Siswa terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal adanya Perilaku Diskriftif Siswa masih terdapat siswa yang belum mau bekerjasama kegiatan dalam kelas, tidak memperhatikan pelajaran, dan tidak kondusif dalam belajar. Faktor Eksternal kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran diantaranya siswa kekurangan buku sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPS maka siswa sulit dalam memahami proses belajar mengajar. Dalam mengatasi hambatan dan menindak lanjuti masalah ini, Kepala Sekolah dan Guru telah berkerjasama dengan baik. Cara yang digunakan dalam menindak lanjuti disesuaikan dengan hambatan dan masalah yang terjadi pada siswa itu sendiri
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru IPS dan Moral Peserta Didik. | ||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2025 03:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2025 03:24 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4464 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year