PEMANFAATAN SITUS PENINGGALAN SEJARAH SEBAGAI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU DI SMPN 18 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

PRATAMA, AGUNG SETIAWAN (2025) PEMANFAATAN SITUS PENINGGALAN SEJARAH SEBAGAI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU DI SMPN 18 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (966kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (372kB)
[img] Text
AGUNG SETIAWAN PRATAMA_2111270058_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu sebelumnya masih dominan menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan buku teks, sehingga kurang menarik bagi siswa Padahal, kota Bengkulu memiliki banyak situs peninggalan sejarah yang berpotensi menjadi sumber belajar kontekstüal untuk meningkatkan pemahaman sejarah lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran melalui kunjungari ke situs sejarah yang digunakan guru IPS serta mengetahui tanggapan siswa terhadap pemanfaatan situs sejarah sebagai media pembelajaran IPS. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara guru dan siswa, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memanfaatkan situs sejarah seperti Benteng Marlborough, Rumah Pengasingan Soekarno, dan Rumah Fatmawati sebagai media pembelajaran luar kelas. Metode ini terbukti meningkatkan minat belajar, pemahaman materi sejarah, serta keterampilan berpikir kritis siswa. Siswa merasa lebih mudah memahami materi ketika melihat langsung bukti sejarah di lapangan dibandingkan hanya melalui buku teks. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan situs peninggalan sejarah sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran IPS Terpadu. Pendekatan ini dapat memperkaya pengalaman belajar siswa menumbuhkan rasa cinta terhadap sejarah dan budaya lokal, serta direkomendasikan untuk diintegrasikan secara berkelanjutan dalam kurikulum IPS di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irawan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorGilang, M. Ilham199004122020121003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: itus sejarah, pembelajaran IPS, Sejarah lokal
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 02 Sep 2025 07:22
Last Modified: 02 Sep 2025 07:22
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4505

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year