Dinata, Andly (2025) IMPLEMENTASI STRATEGI DIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (943kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
ANDLY DINATA_2111210143.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Para murid memiliki karakteristik yang beragam, dengan keunikan, kekuatan dan kebutuhan belajar yang berbeda, hal tersebut perlu direspon dengan tepat agar tidak terjadi kesenjangan belajar (learning gap), dimana pencapaian yang ditunjukkan murid tidak sesuai dengan potensi pencapaian yang seharusnya dapat ditunjukkan oleh murid. Konsep pembelajaran yang dianggap efektif memenuhi kebutuhan belajar murid adalah pembelajaran berdiferensiasi. Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menuntut pemahaman mendalam, penerapan nilai, serta pengamalan dalam kehidupan sehari-hari, jika disajikan dengan pendekatan pembelajaran konvensional yang cenderung seragam seringkali kurang mampu menjangkau kebutuhan individual murid. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi diferensiasi pada pembelajaran PAI untuk memenuhi kebutuhan belajar murid SMKN 5 Kota Bengkulu serta menganalisis apa faktor penghambat dan faktor pendukung implementasinya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana peneliti mengeksplorasi, memahami dan menafsirkan fenomena sosial dalam lingkungan aslinya untuk mendapatkan hasil penelitian. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis melalui kondensasi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan diferensiasi dilakukan dalam tiga bentuk utama, yaitu diferensiasi konten, proses, dan produk. Pada diferensiasi konten, guru menyesuaikan tingkat kedalaman materi dengan kemampuan dan gaya belajar siswa. Pada aspek diferensiasi proses, guru menerapkan berbagai metode pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Sedangkan xii dalam diferensiasi produk, siswa diberi kebebasan dalam menunjukkan pemahamannya melalui berbagai bentuk karya. Faktor penghambat implementasi diferensiasi meliputi keterbatasan waktu, banyaknya jumlah siswa dalam satu kelas, rendahnya kesiapan siswa dalam menghadapi model belajar yang beragam, serta keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran. Guru juga menghadapi tantangan dalam merancang aktivitas dan evaluasi yang bervariasi. Sedangkan faktor pendukung meliputi komitmen guru untuk terus belajar dan mengenali karakteristik siswa, dukungan dari pihak sekolah, serta komunikasi yang baik antara guru dan siswa. Selain itu, kolaborasi antar guru juga menjadi kekuatan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih kreatif dan sesuai kebutuhan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi diferensiasi, kebutuhan belajar, pembelajaran Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2025 02:10 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2025 02:10 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year