SARI, PILITA (2025) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANANAMKAN NILAINILAI TOLERANSI BERAGAMA DI SMPN 15 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (547kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
PILITA SARI_2111210030.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Dengan melihat pentingnya penanaman nilai-nilai toleransi beragama di kalangan siswa serta peran strategis yang dimiliki oleh Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam proses tersebut, maka penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai upaya Guru dalam menanamkan nilai-nilai tersebut di SMPN 15 Kota Bengkulu.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap berbagai langkah yang diambil oleh Guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama di lingkungan sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan Guru PAI, serta kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, dan 10 siswa kelas VII sebagai sumber data primer. Buku, file, laporan yang menyangkut sekolah sebagai sumber data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru PAI melakukan upaya menanamkan nilai-nilai toleransi baragama melalui pemberian keteladanan, pembiasaan, nasihat, perhatian khusus, dan kedisiplinan. Faktor pendukung dalam proses penananaman nilai-nilai toleransi beragama meliputi lingkungan sekolah yang positif, kompetensi Guru, kemampuan siswa, sarana dan prasarana yang mendukung. Namun, terdapat juga faktor penghambat seperti kemampuan siswa yang terbatas, lingkungan keluarga yang kurang mendukung, pergaulan yang salah, media sosial yang membuat siswa terpengaruh akan informasi yang salah dan perbedaan sosial. Dampak dari penanaman nilai-nilai toleransi beragama di SMPN 15 Kota Bengkulu adalah meningkatnya kesadaran siswa akan pentingnya menghargai, menghormati, dan memahamai perbedaan. Siswa menjadi lebih toleran, saling mengerti, dan mengakui hak orang lain. Penanaman sikap toleransi ini juga membuat perbedaan agama tidak menjadi sumber konflik, melainkan menjadi sarana untuk memperkuat tali persaudaraan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam, Toleransi Beragam, Nilai-Nilai Toleransi Beragama. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2025 00:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2025 00:58 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year