PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII MTS J????̂-alHaq

Downloads

Downloads per month over past year

AFRILIA, DEA (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII MTS J????̂-alHaq. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (428kB)
[img] Text
DEA AFRILIA_2111280004.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis matematika realistik pada materi aritmatika sosial untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII MTS J????̂ -alHaq dengan kategori layak dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE melalui 5 tahapan yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Lembar Kerja Peserta Didik yang telah dikembangkan dinilai oleh 3 validator, hasil validator ahli materi mendapatkan nilai dengan kategori “Sangat Layak”, dan hasil penilaian ahli media mendapatkan nilai dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian instrumen tes oleh ketiga validator mendapatkan rata-rata nilai dengan kategori “Sangat Valid”. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik memperoleh N- Gain 79,42% dengan kategori sangat efektif untuk kelas eksperimen dan 51,17% untuk kelas kontrol dengan kategori tidak efektif. Berdasarkan hasil uji t Independent Sample diperoleh hasil 0,000 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dinyatakan bahwa hipotesis penelitian diterima karena 0,000 < 0,05. ????0 ditolak dan ???????? diterima, sehingga peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis matematika realistik lebih besar dibandingkan dengan peserta didik yang belajar dengan konvensional, dan dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis matematika realistik yang dikembangkan efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuradi, Ahmad197601192007011018UNSPECIFIED
Thesis advisorSaltifa, Poni199107142023212042UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD, Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 08 Sep 2025 01:39
Last Modified: 08 Sep 2025 01:39
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4605

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year