LUBIS, NITA REMBULAN (2025) PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENGATASI KEBUTUHAN DIVERSITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
NITA REMBULAN LUBIS_2111210038.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini memusatkan perhatian pada penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai upaya mengatasi kebutuhan diversitas siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas XI MAN 2 Kota Bengkulu. Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada siswa, salah satunya melalui strategi pembelajaran berdiferensiasi yang bertujuan memenuhi kebutuhan individual siswa yang beragam. Tujuan atas penelitian ini yakni menggali pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di mata pelajaran SKI, menganalisis dampaknya terhadap kebutuhan siswa, serta mengidentifikasi hambatan dan solusi yang dihadapi selama proses penerapannya. Penelitian ini mempergunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni jenis penelitian yang menyajikan data secara langsung dalam bentuk kata-kata, baik tertulis maupun lisan dari subjek dan objek yang diamati, dengan tujuan menggambarkan kondisi di lapangan secara rinci, transparan, dan mendalam. Subjek di penelitian ini terdiri dari guru SKI, Waka Kurikulum, dan siswa kelas XI. Pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara mendalam, observasi dengan keterlibatan langsung (partisipan), serta studi dokumentasi. Sementara itu, analisis data dilakukan dengan pendekatan interaktif Miles dan Huberman, yang melibatkan proses reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menampilkan bahwasanya pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran SKI telah diterapkan melalui pendekatan diferensiasi pada konten, proses, serta produk yang disesuaikan dengan kesiapan, minat, serta profil belajar siswa. Penerapan strategi ini memberikan dampak positif, khususnya dalam menghadapi keberagaman siswa di kelas. Pembelajaran berdiferensiasi terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan siswa pada proses pembelajaran, serta hasil akademik mereka. Namun demikian, xi penerapan strategi ini menghadapi kendala berupa keterbatasan waktu yang dimiliki guru dalam menyesuaikan pembelajaran dengan berbagai gaya belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Diversitas Siswa, Sejarah Kebudayaan Islam | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2025 02:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2025 02:55 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year